Adhy Harap Kepala BI Jatim yang Baru Bisa Perkuat Kolaborasi Pertumbuhan dan Digitalisasi Ekonomi

Adhy Harap Kepala BI Jatim yang Baru Bisa Perkuat Kolaborasi Pertumbuhan dan Digitalisasi Ekonomi Pj. Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono memberikan sambutann saat pengukuhan Erwin Gunawan Hutapea sebagai Kepala Perwakilan BI Jawa Timur.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pj. Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono menghadiri upacara pengukuhan Erwin Gunawan Hutapea sebagai Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur di Ruang Singosari Kantor Perwakilan , Jalan Pahlawan Surabaya, Kamis (22/2) pagi.

Erwin Gunawan Hutapea dilantik langsung oleh Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Destry Damayanti. Erwin menggantikan Doddy Zulverdi yang akan menempati posisi sebagai Kepala Departemen Manajemen Strategis dan Tata Kelola Bank Indonesia.

Pengukuhan tersebut disambut baik oleh Pj Gubernur Adhy Karyono. Ia menyebut bahwa terpilihnya Erwin Gunawan Hutapea sebagai Kepala Perwakilan yang baru merupakan sebuah tugas spesial. Hal ini mengingat pentingnya pergerakan ekonomi Jawa Timur terhadap perekonomian nasional.

Bukan tanpa alasan, Jawa Timur disebut sebagai salah satu provinsi dengan perekonomian terbesar di Indonesia. Hal ini terlihat dari tahun 2023 yang memberikan kontribusi terbesar kedua terhadap perekonomian Pulau Jawa sebesar 24,9%. Bahkan juga berkontribusi sebesar 14,2% terhadap pembentukan Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia.

"Pertumbuhan ekonomi Jatim tahun 2023 berkualitas baik. Ini ditandai dengan pertumbuhan ekonomi positif diiringi terkendalinya laju inflasi sesuai dengan sasaran inflasi nasional sebesar 3±1%," tutur Adhy.

Tidak hanya itu, realisasi investasi Jawa Timur tahun 2023 juga menduduki peringkat ketiga nasional. Tercatat realisasi Jatim mencapai Rp145 triliun atau sebesar 10,2% dari realisasi investasi Indonesia.

Sementara, kaitannya struktur realisasi penanaman modal asing (PMA) di Jatim tahun 2023 meningkat 56,3% dan penanaman modal dalam negeri (PMDN) meningkat 14,7%.

"Ini memunjukkan trust dan optimisme investor tetap terjaga kepada kita, sebagai surga investasi dengan nilai incremental capital output ratio (ICOR) lebih rendah dibandingkan rata-rata Indonesia," kata Adhy.

Kepada Kepala Perwakilan yang baru, Pj. Gubernur Adhy Karyono juga menaruh harapan besar agar kolaborasi antara Pemprov Jatim dengan BI bisa terus terjaga dengan baik.

Ia menekankan pada upaya digitalisasi, pengendalian inflasi, penguatan investasi daerah, hingga penguatan peran ekonomi syariah.

"Acara ini juga sebagai momentum untuk memperkuat kerja sama dan koordinasi yang selama ini telah terbangun sangat solid antara Pemprov Jatim dengan BI," ucapnya.

"Jatim akan terus berkomitmen mendorong digitalisasi di berbagai sektor. Hal ini terlihat dari elektronifikasi transaksi pemerintah daerah (ETPD) di Pemprov Jatim semester I tahun 2023 terus meningkat signifikan," lanjutnya.

Lihat juga video 'Warga Kota Pasuruan Berebut Minyak Goreng Curah Saat Gubernur Jatim Pantau Operasi Pasar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO