KPU Kota Kediri Musnahkan Ribuan Surat Suara Rusak

KPU Kota Kediri Musnahkan Ribuan Surat Suara Rusak Pemusnahan surat suara yang rusak di Kantor KPU Kota Kediri. Foto: MUJI HARJITA/BANGSAONLINE

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com Kota memusnahkan surat suara yang dinyatakan rusak, dengan cara dibakar, Selasa (13/2/2024). Ketua Kota , Pusporini Endah Palupi, mengatakan bahwa pihaknya baru bisa melaksanakan pemusnahan kelebihan surat suara untuk , pada sore hari ini.

Menurut dia, surat suara yang distribusikan ke Kota sebanyak 238.973 lembar. Kemudian untuk surat suara yang rusak setelah dilakukan sortir, hanya 2.146 atau 0.89 persen tidak sampai 1 persen.

"Adapun rinciannya, untuk surat suara yang rusak untuk pilpres sebanyak 46 lembar, untuk surat suara rusak DPD 87 lembar, kemudian untuk surat suara rusak DPR RI 315 lembar, untuk surat suara DPRD Provinsi 1.354 lembar dan surat suara rusak DPRD Kota sebanyak 344. Sehingga totalnya ada 2.146 lembar," paparnya.

Jadi, ia mengatakan bahwa seluruh surat suara yang sudah diganti oleh penyedia dilaksanakan pemusnahan terhadap kelebihan surat suara yang rusak karena sortir dan lipat. Disebutkan pula, seluruh surat suara sudah distribusikan di hari ini ke seluruh TPS di Kota sebanyak 856 TPS.

"Kami perjelas lagi bahwa daftar pemilih tetap (DPT) untuk Kota sebanyak 233.962 pemilih. Kemudian untuk pengadaan surat suara DPT per TPS + 2 persen, sehingga jumlah total surat suara 238.973 lbar yang terbagi di masing-masing jenis Pemilu," ujarnya.

Kemudian, lanjut Endah, juga ada untuk PSU (Pemungutan Suara Ulang) di masing-masing jenis Pemilu. Untuk Kota untuk PSU pilpres ada 1.000 lembar, kemudian untuk PSU DPRD Provinsi 1.000 lembar dan DPRD Kota untuk 3 dapil, masing-masing 1.000 lembar.

"Jadi kegiatan pemusnahan kelebihan surat suara ini, bukan karena kita mendapatkan distribusi dari penyedia lebih. Tapi karena rusak karena penyortiran," pungkasnya.

Pemusnahan surat suara rusak juga dihadiri Ketua Bawaslu Kota , Yudi Agung Nugroho, bersama jajaran, serta Wakapolres Kota, Kompol Dodik Tri Hendro, dan tamu undangan lainnya. (uji/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO