Berperan Tingkatkan Kunjungan, Gubernur Khofifah Apresiasi Pelaku Budaya dan Pariwisata

Berperan Tingkatkan Kunjungan, Gubernur Khofifah Apresiasi Pelaku Budaya dan Pariwisata Gubernur Khofifah saat menghadiri acara "Sapa Insan Budaya dan Pariwisata" yang digelar Disbudpar Jatim, Rabu (7/2/2024) malam.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Sedikitnya sebanyak 1.000 orang yang terdiri dari unsur pemerintah, akademisi, seniman, budayawan, asosiasi, dan desa wisata dari seluruh Jawa Timur menghadiri kegiatan "Sapa Insan Budaya dan Pariwisata bersama Gubernur ", Rabu (7/2/2024) malam.

Acara itu digelar oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Jatim bertempat di graha wisata kantor disbudpar.

Dalam sambutannya, Gubernur Jawa Timur Indar Parawansa memberikan apresiasi kepada para pelaku budaya dan pariwisata yang selama ini turut berperan meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Jawa Timur.

menungkapkan selama tahun 2019 hingga 2023, pertumbuhan daya tarik wisata di Jawa Timur terus mengalami peningkatan hingga 44%. Adapun daya tarik wisata di Jawa Timur sebanyak 1.396. Perinciannya 543 wisata alam, 531 wisata buatan, dan 322 wisata budaya.

"Capaian prestasi pariwisata dan budaya Jatim selama ini merupakan karya nyata panjenengan semua," ujarnya.

Tidak hanya itu, jumlah desa wisata di Jawa Timur juga mengalami peningkatan kualitas dan kuantitas sepanjang tahun 2023.

"Hingga tahun 2023 terdapat 693 desa wisata yang tumbuh dan berkembang. Prestasi yang membanggakan pula Desa Wisata Ketapanrame di Kabupaten Mojokerto mendapatkan penghargaan dari Kemenparekraf RI pada tahun 2023 sebagai desa wisata terbaik di Indonesia,” terang Gubernur Jatim yang akan mengakhiri masa jabatannya pada Februari ini.

Selain itu, jumlah kegiatan pariwisata di Jatim yang meriah dan semarak juga berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat.

Selama tahun 2023 tercatat ada 810 acara wisata di Jawa Timur sehingga meraih predikat provinsi dengan acara pariwisata terbanyak dan masuk dalam (KEN).

Lihat juga video 'Emak-emak di Surabaya Kecewa Tak Bisa Foto Bareng Jokowi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO