Peringati HPN, PIJP Gelar Seminar Pemilu Damai Anti Hoax

Peringati HPN, PIJP Gelar Seminar Pemilu Damai Anti Hoax Wakapolres Pamekasan Kompol Andy Purnomo, Ketua PWI Pamekasan Hairul Anam, Dandim 0826/Pamekasan Letkol Inf. Ubaidillah, dan Forkopimda Pamekasan.

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Memperingati Hari Pers Nasional (HPN) 2024, () menggelar seminar bertema 'Peran Masyarakat Perangi Berita Hoax Menuju Pemilu Damai' bertempat di Gedung Bhayangkara Polres Pamekasan, Senin (5/2/2024).

Seminar itu mendatangkan narasumber Kompol Andy Purnomo,  Letkol Inf. Ubaidillah, dan Ketua PWI Pamekasan Hairul Anam.

Dalam paparannya, Andy Purnomo menjelaskan bahwa berita hoax adalah informasi yang dibuat-buat untuk menutupi informasi yang sebenarnya. Dalam artian, hoax bertujuan memutarbalikkan fakta.

"Hoax menjadi berbahaya apabila disebarkan terus-menerus, karena akan membuat orang yang awalnya sangsi bisa menjadi percaya. Jadi kita harus tegas menyatakan perang terhadap hoax, karena banyak orang tertipu dengan berita hoax," tegasnya.

Sementara Hairul Anam menekankan pentingnya peran pers untuk mengingatkan masyarakat cara melawan hoax. Yaitu, waspada dengan judul yang provokatif dan harus periksa faktanya.

"Cara mengatasi berita hoax ada banyak hal, salah satu contohnya bombardir media sosial dengan cara membuat konten-konten positif, pejabat dan kepolisian bergerak secara struktural," ungkapnya.

Senada, Ubaidillah setuju bahwa wartawan wajib turut serta memerangi berita hoax untuk menciptakan pemilu damai dan aman.

"Hoax atau berita bohong yaitu informasi yang dibuat-buat atau direkayasa untuk menutupi informasi yang sebenarnya. Dengan kata lain, hoax diartikan sebagai upaya pemutarbalikan fakta menggunakan informasi yang seolah-olah meyakinkan akan tetapi tidak dapat diverifikasi kebenarannya," paparnya.

Turut hadir dalam acara tersebut, Forkopimda Kabupaten Pamekasan, OPD, Ikasa, Anggota Perkasa, jajaran Kodim 0826 Pamekasan, Polres Pamekasan, Kopri, dan perwakilan organisasi jurnalis se-Kabupaten Pamekasan. (dim/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO