Tangkap Peluang Usaha saat Ramadhan, Disperdagin Kota Kediri Gelar Pelatihan Hampers Pusaka

Tangkap Peluang Usaha saat Ramadhan, Disperdagin Kota Kediri Gelar Pelatihan Hampers Pusaka Para peserta pelatihan saat mengamati salah satu produk hampers. Foto: Ist

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pemkot melalui dinas perdagangan dan perindustrian (Disperdagin) kembali menggelar pelatihan hampers (berasal dari bahasa Inggris "hamper" yang berarti keranjang anyaman) Pusaka menjelang bulan suci Ramadhan, Kamis (1/2/2024).

Total, ada 120 produk IKM Kota yang dirangkai menjadi berbagai macam hampers menarik dan bisa dipilih konsumen. Produk tersebut terdiri dari aneka makanan minuman, kue kering, kerajinan, ecoprint, kayu art, aksesoris, dan lain-lain.

“Kegiatan ini sudah kita mulai dari tahun 2022 dan untuk pesertanya kita rolling dari perwakilan kelompok IKM Kota . Tujuannya untuk mengakomodir usulan dari para pelaku IKM dan kita fasilitasi terlebih saat ini hampers juga menjadi usaha yang menjanjikan dan menjadi tren,” kata Kepala Disperdagin Kota , Wahyu Kusuma Wardani.

Ia menyatakan, pihaknya menggandeng Sri Astuti Ketua Ikatan Pembuat Hantaran Indonesia (IPHI) Kota sebagai narasumber dan pelatihan hampers tahun ini diikuti 24 pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) yang produknya telah memiliki legalitas usaha.

“Satu pelaku usaha IKM punya kesempatan untuk mengirim 3 jenis produk yang minimal harus sudah ber-PIRT. Untuk yang sudah memiliki sertifikasi halal tentu itu menjadi poin tambahan,” ujarnya.

Wahyu menambahkan, bagi produk IKM yang belum bersertifikasi halal, Disperdagin Kota memiliki program untuk memfasilitasi sertifikasi halal, sehingga antara satu program dengan program lainnya saling berkesinambungan.

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO