HBI ke-74, Lentera Keimigrasian Resmi Diterapkan di Seluruh Kantor Imigrasi se-Jawa Timur

HBI ke-74, Lentera Keimigrasian Resmi Diterapkan di Seluruh Kantor Imigrasi se-Jawa Timur Peresmian Lentera Keimigrasian di Kantor Imigrasi Kediri saat peringatan HBI ke-74. Foto: Ist

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Inovasi Layanan Edukasi dan Literasi Peraturan (Lentera) Keimigrasian kini resmi diterapkan di seluruh kantor imigrasi se-Jawa Timur. Penerapan itu ditandai dengan meresmikan Lentera Keimigrasian di Kantor saat puncak peringatan Hari Bhakti (HBI) ke-74, Jumat (26/1/2024).

Peresmian itu sekaligus menandai secara simbolis diterapkannya Lentera Keimigrasian di UPT se-Jawa Timur. Diketahui, inovasi Lentera Keimigrasian merupakan inovasi layanan dari Kantor Surabaya yang telah mendapatkan apresiasi dari KPK dalam rangka Hakordia 2023.

Inovasi layanan Lentera Keimigrasian ini mendapatkan apresiasi langsung oleh Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim, Heni Yuwono. Menurut dia, inovasi tersebut merupakan bentuk peran serta pemerintah dalam rangka mendorong perekonomian nasional serta untuk menarik dan menumbuhkan investasi asing ke dalam negeri.

Dengan Lentera Keimigrasian, pemerintah melalui Direktorat Jenderal dan Kanwil Kemenkumham Jatim membuka seluas-luasnya investasi asing di Indonesia, khususnya Jawa Timur.

"Untuk itu kami siap memberikan pelayanan terbaik, khususnya bagi WNI yang akan melakukan perjalanan ke luar negeri maupun WNA yang akan datang untuk menggeliatkan ekonomi," kata Heni melalui keterangan tertulis ke BANGSAONLINE.com, Jumat (26/1/2024).

Terkait inovasi Lentera Keimigrasian, ia mengatakan bahwa inovasi seperti ini semestinya bisa diterapkan di seluruh kantor imigrasi seluruh Indonesia, sehingga dapat membantu masyarakat untuk memperoleh informasi yang berkaitan dengan izin tinggal.

Hal senada juga disampaikan Kepala Kantor Surabaya, Chicco A Muttaqin. Ia menyatakan, masyarakat bisa lebih mudah mendapatkan edukasi yang jelas terkait peraturan yang dinamis dengan adanya Lentera Keimigrasian dan diharapkan mampu memberikan solusi kepada permasalahan para WNA yang datang ke Indonesia.

“Kami sangat mengapresiasi dan merasa bangga karena inovasi yang telah lahir dari inovasi Kanim Surabaya menjadi role model untuk kanim se-Jawa timur. Ke depannya kami akan tingkatkan menjadi berbasis digital,” urai Chicco.

Baik orang asing maupun penjamin dapat memanfaatkan layanan Lentera Keimigrasian untuk mendapatkan informasi, edukasi dan literasi perihal izin tinggal orang asing serta peraturan keimigrasian lainnya.

Masyarakat cukup datang ke Kantor dan akan dilayani oleh petugas yang berkompeten untuk menjawab pertanyaan dan memberikan edukasi seputar izin tinggal dan penegakan hukum keimigrasian. (sta/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO