Ribuan Anggota KPPS Kota Kediri Dilantik Serentak

Ribuan Anggota KPPS Kota Kediri Dilantik Serentak Pelantikan anggota KPPS di Kelurahan Ngadirejo, Kecamatan Kota, Kota Kediri. Foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Ribuan anggota KPPS (kelompok penyelenggara pemungutan suara) se-Kota Kediri dilantik di kelurahan masing-masing, Kamis (24/1/2024).

Sebelum pelantikan, dibacakan SK Ketua KPU Kota Kediri tentang penetapan dan pengangkatan anggota KPPS di Kota Kediri.

Anggota KPU Kota Kediri, Divisi Sosdiklih, Parmas, dan SDM, Moch Wahyudi, mengatakan jumlah keseluruhan anggota KPPS yang dilantik hari ini sebanyak 5.992 orang. Ada 7 anggota KPPS yang akan bertugas di setiap TPS.

"Tugas KPPS pemilu 2024 adalah melaksanakan pemungutan dan penghitungan suara di TPS, membuat berita acara dan sertifikat hasil pemungutan dan penghitungan suara, dan wajib menyerahkannya kepada saksi peserta pemilu, pengawas TPS, PPS, dan PPK melalui PPS," katanya, Kamis (24/1/2024).

Menurut Wahyudi, pelantikan KPPS dilaksanakan di masing-masing Kelurahan di Kota Kediri, kecuali untuk Kelurahan Ngronggo, Kecamatan Kota, dilaksanakan di Lapangan Ngronggo.

"Usai pelantikan juga dilaksanakan penanaman pohon di lokasi di mana anggota KPPS dilantik. Pelantikan KPPS ini dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia," imbuhnya.

Di seluruh Indonesia, jumlah TPS sebanyak 820.161, sehingga KPU membutuhkan sekitar 5,7 juta anggota KPPS di seluruh Indonesia untuk pemilu 2024.

Sekadar informasi, seluruh anggota KPPS se-Indonesia dalam bertugas akan mendapat perlindungan BPJS Kesehatan. Hal itu disampaikan Direktur BPJS Kesehatan, David Bangun, saat menghadiri Hari Kesehatan Nasional ke-59, serta launching universal health coverage (UHC) dan Pelayanan Sore Puskesmas Kabupaten Kediri di Taman Hijau SLG, 22 November 2023.

Perlindungan tersebut hasil kesepakatan BPJS kesehatan, Kemendagri, dan KPU. (uji/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO