Satlantas Polres Ngawi Sosialisasikan Budaya Tertib Lalu Lintas ke Pelajar

Satlantas Polres Ngawi Sosialisasikan Budaya Tertib Lalu Lintas ke Pelajar Petugas dari Satlantas Polres Ngawi saat memberi bingkisan kepada pelajar yang mengikuti sosialisasi.

NGAWI, BANGSAONLINE.com - Satlantas Polres menggiatkan sosialisasi budaya tertib lalu lintas ke pelajar dalam rangka menekan angka kecelakaan di wilayah hukumnya. Kasatlantas Polres , AKP M. Sapari, memastikan hal tersebut.

"Kita melakukan sosialisasi ke SMPN 1 dengan materi UU no 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan," ujarnya, Selasa (23/1/2024).

Selain para pelajar, ia pun meminta kepada para guru untuk tidak melakukan pelanggaran di jalan raya dan mematuhi aturan lalu lintars. Sebab, salah satu penyebab kecelakaan karena tidak disiplin.

"Diharapkan para guru, karyawan, dan pelajar di jalan raya berkendara dengan benar yakni mempunyai SIM bagi yang cukup usia. Dengan memakai helm untuk motor dan sesuai dengan peraturan yang berlaku, yang belum cukup usianya bisa diantar oleh keluarganya, dengan mematuhi aturan yang ada," paparnya.

Menurut dia, budaya tertib dan menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas sejak dini dapat menghindari terjadinya kecelakaan. Data kecelakaan lalu lintas pada 2023 di terdapat 1.018 kejadian, dengan perincian meninggal dunia 141 jiwa, luka berat 54 orang, dan luka ringan sebanyak 1.849 orang.

"Jangan melakukan pelanggaran karena awal terjadinya kecelakaan adalah pelanggaran lalu lintas, dan tanamkan tertib berlalu lintas sejak dini agar dapat menekan jumlah fatalitas kecelakaan di wilayah ," urai Sapari. (nal/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO