5 Tipe Mata Uang Kripto yang Diperjualbelikan di Pasar Kripto Indonesia

5 Tipe Mata Uang Kripto yang Diperjualbelikan di Pasar Kripto Indonesia

BANGSAONLINE.com - Mungkin banyak orang awam yang mengetahui kondisi harga Bitcoin atau Ethereum terkini -walau barangkali hanya mengetahui naik atau turunnya-. Tetapi, apakah pemahaman yang sama juga berlaku untuk tipe-tipe mata uang kripto (cryptocurrency) yang sebenarnya tersedia di pasaran?

Umumnya tidak, kecuali orang tersebut memang sering melakukan investasi kripto.

Bagi yang masuk ke kelompok yang belum begitu paham bedanya tipe-tipe mata uang kripto, tak perlu khawatir, artikel berikut akan memperkenalkan lima tipe mata uang kripto yang paling sering beredar di pasar kripto Indonesia.

Coin

Coin adalah tipe mata uang kripto yang sebenarnya paling banyak dikenal oleh masyarakat awam. Contoh-contoh coin yang paling terkenal adalah Bitcoin (BTC), Ethereum (ETH), Cardano (ADA), dan Ripple (XRP).

Walau terkadang beberapa orang menggunakan token dan coin untuk merujuk kepada hal yang sama, sebenarnya, coin berbeda dengan token. Beda utamanya adalah ini: coin biasanya memiliki blockchain sendiri.

Dikarenakan oleh hal tersebut, membuat coin jauh lebih sulit dibandingkan dengan membuat token. Biaya yang dibutuhkan lebih tinggi dan kemampuan teknis yang diperlukan pun harus lebih mumpuni, karena teknologi blockchain masih terbilang baru dan tidak banyak orang-orang yang betul-betul mampu untuk melakukan pengembangan software jenis ini.

Token

Token merupakan bentuk mata uang kripto yang dibangun di atas platform blockchain yang sudah ada. Maka dari itu, proses membuat token tidak sesulit proses pembuatan coin. Contoh platform yang umumnya digunakan untuk membuat token adalah Ethereum (ETH), Binance Smart Chain (BSC), Tron (TRX), dan Solana (SOL). Adapun token-token populer yang menggunakan platform-platform tersebut adalah sebagai berikut:

- ETH: Chainlink (LINK) dan Uniswap (UNI)

- BSC: PancakeSwap (CAKE) dan Band Protocol (BAND)

- TRX: WINkLink (WINK) dan Sun (SUN)

Lihat juga video 'SNG Cargo: Warna Baru Industri Logistik di Indonesia':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO