Dewan Pers akan Gelar Deklarasi Capres-Cawapres untuk Kemerdekaan Pers

Dewan Pers akan Gelar Deklarasi Capres-Cawapres untuk Kemerdekaan Pers Ketua Dewan Pers, Ninik Rahayu, saat memimpin rapat bersama tim pemenangan capres-cawapres.

JAKARTA, BANGSAONLINE.com mengajak para capres-cawapres untuk menyatakan komitmen terhadap kemerdekaan pers. Penyampaian deklarasi sebagai komitmen itu bakal dilakukan di Hall  pada 7 Februari 2024. 

Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua , Ninik Rahayu, di depan tim pemenangan capres-cawapres, Rabu (17/1/2024). Ia menegaskan, deklarasi kemerdekaan pers bukanlah debat capres-cawapres.

“Debat capres-cawapres yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah berakhir pada 4 Februari. Itu merupakan debat terakhir. Kami tidak ingin membuat masyarakat malah bingung jika masih ada debat lagi,” ujarnya di Gedung , .

Ninik menambahkan, andai mengadakan debat dan kemudian terjadi selisih pendapat, akan sulit untuk mencari simpul akhir dari perbedaan pendapat yang tajam. Menurut dia, hal itu bisa membuat masyarakat tidak punya informasi yang pasti sehingga kebingungan.

Disebutkan pula, masyarakat pers ingin ketiga capres-cawapres bisa hadir dalam deklarasi itu, “Bila ada yang tidak bisa hadir, masyarakat tentu akan menafsirkan dan bisa memberi penilaian atas komitmen mereka terhadap kemerdekaan pers.”

Sementara itu, Ketua Panitia Deklarasi Kemerdekaan Pers oleh Capres-Cawapres, Totok Suryanto, yang juga anggota mengatakan bahwa pemilihan 7 Februari sudah dengan pertimbangan matang agar tidak mengganggu sisa masa kampanye ketiga pasangan calon. 

Lihat juga video 'Sejumlah Pemuda di Pasuruan Dukung Muhaimin Maju Calon Presiden 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO