Canangkan Sub PIN Polio, Pj Wali Kota Kediri Minta Orang Tua Ajak Anak Imunisasi

Canangkan Sub PIN Polio, Pj Wali Kota Kediri Minta Orang Tua Ajak Anak Imunisasi Pj Wali Kota Kediri, Zanariah saat melakukan peninjauan imunisasi (dok. ist)

KOTA KEDIRI,BANGSAONLINE.com- Pj Wali , Zanariah, meninjau pemberian , di Kelurahan Tamanan, Kecamatan Mojoroto, Senin (15/1/2024).

Ia menjelaskan jika Indonesia menerima sertifikat bebas bersama dengan negara anggota WHO di Regional South East Asia Region (SEARO) sejak 2004.

Hal ini tidak lepas dari perjuangan panjang dari program yang dilakukan Pemerintah hingga saat ini.

Komitmen ini juga terus dijaga dan diupayakan seoptimal mungkin guna membasmi penyakit di tahun 2026.

Namun, bukan berarti bebas , virus ini sudah musnah dari muka bumi. Anak-anak masih aman karena memiliki tameng sehingga terbentuk herd immunity.

"Polio ini bak mati suri mereka masih ada di sekitar kita dan bisa muncul sewaktu-waktu jika ada triggernya. Seperti rendahnya cakupan dan kurangnya penerapan hidup bersih dan sehat. Makanya lengkap tetap harus dijalankan dan sejak dini anak-anak diajarkan perilaku hidup bersih dan sehat," kata Zanariah.

Pada bulan Desember 2023 telah ditemukan 2 kasus terkonfirmasi positif dan 1 kasus pada bulan Januari 2024. 

Temuan ini cukup mengagetkan karena sudah satu dekade Indonesia aman dari kasus .

Dari kejadian luar biasa (KLB) ini pemerintah mengambil langkah strategis pencegahan melalui kegiatan Sub PIN Polio yang diselenggarakan serentak mulai hari ini di Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Kegiatan ini dilaksanakan dua sesi, yaitu 15-21 Januari dan 19-25 Februari bertempat di seluruh , , dan Sekolah yang telah ditetapkan.

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO