KA Pandalungan Anjlok di Sidoarjo, Penumpang Paparkan Kronologinya

KA Pandalungan Anjlok di Sidoarjo, Penumpang Paparkan Kronologinya Petugas saat mengevakuasi kereta api yang anjlok di Sidoarjo.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - KA Pandalungan (KA 75) rute Gambir-Jember anjlok di Emplasemen Stasiun Tanggulangin, Minggu (14/1/2024). Sebanyak 170 penumpang dinyatakan selamat dalam peristiwa itu.

Berdasarkan informasi yang diperoleh BANGSAONLINE.com, pada pukul 17.00 WIB evakuasi lokomotif menggunakan crane yang didatangkan dari Solo tengah berlangsung. Manajer Humas PT Daop 8 Surabaya, Luqman Arif, mengatakan bahwa pihaknya berupaya untuk mempercepat proses evakuasi pascaanjloknya KA Pandalungan.

"Berbagai daya dan upaya kami kerahkan untuk mempercepat proses evakuasi. Diantaranya, kami mendatangkan tim penolong dari Depo Sidotopo, Pasar Turi dan Malang," ujarnya.

Menurut Luqman, KA Jayabaya rute Malang-Pasar Senen terdampak. "KA Arjuno Ekspres relasi Surabaya Gubeng - Malang dibatalkan perjalanannya," ungkapnya.

Mengenai penyebab anjloknya KA, akan dilakukan penyelidikan oleh pihak terkait. Nantinya, KNKT (Komite Nasional Keselamatan Transportasi) yang akan menyampaikan kepada masyarakat.

"Nanti akan dilakukan penyelidikan secara menyeluruh," terangnya.

PT menyediakan bus dari Stasiun Bangil dan Stasiun untuk mengantar penumpang menuju stasiun pemberhentian selanjutnya, yakni bus dari Stasiun Bangil akan menuju Stasiun Surabaya, Mojokerto.

Sementara bus dari Stasiun akan menuju Stasiun Bangil, Pasuruan, Probolinggo, Klakah, dan Jember. Sebagai bentuk kompensasi atas keterlambatan kedatangan KA kepada penumpang, memberikan service recovery berupa minuman, makan ringan hingga makanan berat, serta pembatalan perjalanan 100 persen bagi pelanggan KA yang terdampak.

Lihat juga video 'Kecelakaan Karambol di Medaeng Sidoarjo, Truk Tabrak Tiga Mobil Hingga Terguling':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO