Efek Konsumsi Vitamin D3 5000 IU Setiap Hari, Simak Penjelasan Guru Besar UGM

Efek Konsumsi Vitamin D3 5000 IU Setiap Hari, Simak Penjelasan Guru Besar UGM Efek Konsumsi Vitamin D3 5000 IU Setiap Hari, Simak Penjelasan Guru Besar UGM. Foto: Ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Guru Besar Fakutas Farmasi Universitas Gadjah Mada (UGM) Zulies Ikawati menjelaskan mengenai efek mengonsumsi vitamin D3 atau untuk tubuh.

Zulies menjelaskan bahwa vitamin D3 dapat membantu penyerapan kalsium dan fosfor dari makanan yang telah dikonsumsi.

"Tubuh membutuhkan kedua asupan tersebut untuk membantu sekaligus menjaga kesehatan tulang. Selain itu, vitamin D juga terlibat dalam pemeliharaan sistem imun," ujar Zulies.

Zulies menyarankan, sebaiknya vitamin D3 diminum sesuai kebutuhan dan bisa meningkat apabila tubuh mengalami .

"Jika ingin mendapatkan , perhatikan dosis penggunaan yang disarankan," tuturnya.

Zulies menjelaskan bahwa dosis harian yang diperlukan adalah 600 IU pada wanita dan pria dewasa. Sedangkan pada orang lanjut usia (lansi) ialah 800 IU atau setara dengan 20 mikrogram.

"Asupan ini bisa berasal dari makanan, seperti hati sapi, keju, kuning telur, ikan salmon, minyak ikan kod, yoghurt. Juga dengan bantuan sinar Matahari dan suplemen," jelas Zulies.

Apabila seseorang bertujuan untuk mengatasi penyakit, dosis penggunaan dapat disesuaikan dengan rekomendasi dari dokter.

Zulies mengimbau agar seseorang tidak sembarangan mengonsumsi vitamin D3 dengan dosis tinggi.

Zulies menegaskan bahwa tidak semua orang bisa mengonsumsi . Hal itu dikarenakan dosis yang tidak tepat berisiko memicu gangguan.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah mengatur itu termasuk obat keras (lingkaran merah) yang perlu resep dokter.

Lihat juga video 'Mahasiswa Indonesia Bekerja Part Time Sebagai Petani di Jepang, Viral Karena Gajinya, ini Kisahnya':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO