Kisah Karnoto, Penjual Roti Bolang Baling Keliling hingga Diundang Bupati Kediri

Kisah Karnoto, Penjual Roti Bolang Baling Keliling hingga Diundang Bupati Kediri Bupati Kediri, Hanindhito Himawan Pramanasaat berbincang dengan Karnoto, penjual roti keliling. Foto: Ist

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Sebagian warga mungkin tak asing dengan Karnoto, penjual roti bolang-baling yang biasa berkeliling menggunakan gerobak hingga alun-alun Kota . Kisah perjuangannya pun terdengar sampai ke bupati hingga dia diundang ke kantornya.

Didampingi Plt Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten , Ariyanto, penjual roti itu bertemu dengan Bupati , Hanindhito Himawan Pramana, Selasa (9/1/2023). Di sana, pimpinan daerah yang akrab disapa  itu mengaku pertama kali mengetahui Karnoto dari media sosial. 

Setelah mengobrol dengannya, baru diketahui bahwa pedagang roti keliling ini memiliki keterbatasan dalam penglihatan karena katarak. Setiap hari, kecuali saat hujan Karyoto secara rutin berjualan keliling. 

Karena keterbatasan yang dimiliki untuk melihat jarak jauh, becak yang dimodif menjadi gerobak pun terus didorong hingga sampai alun-alun Kota . Dari rumahnya di Dusun Turi, Desa Janti, Kecamatan Wates, Kabupaten , dia berangkat pagi, sekitar pukul 08.00 dan pulang sampai rumah sekitar pukul 22.00 WIB.

"Umpani jawah mboten sadean, kademen kulo, sikil rasane ngetok-ngetok, rematik (kalau hujan tidak jualan, kedinginan saya, kaki rasanya sakit, rematik)," kata penjual roti berusia 60 tahun itu.

Dari jualan keliling, Karnoto bisa mendapatkan uang Rp200 ribu. Uang itu, ketika dikurangi setoran ke juragan roti hasil bersih yang diterima Rp44 ribu. Dengan hasil yang di dapat, Karnoto sangat bersyukur.

Di rumahnya, bapak 3 orang anak ini tinggal bersama istri, seorang anak perempuan beserta suami dan seorang cucu. Selain Karyoto yang bekerja berjualan roti keliling, menantunya bekerja di pabrik saos.

Mendengar pengakuan penjual roti itu, menawarkan untuk membantu. Pertama, dia menyarankan supaya Karnoto mau operasi katarak.

Untuk menjalani operasi, bupati siap mengantarkan sendiri. Pun begitu tawaran orang nomor satu di Kabupaten ini ditolak. Karnoto mengaku takut ketika harus operasi.

"Kalau nggak mau operasi nggak apa-apa. Tapi saya mau bantu bapak. Kalau mau jualan monggo, mau jualan apa silahkan, tempatnya akan kami carikan," kata .

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO