Lebih dari 250 Ribu Sertifikat Terbit, Gubernur Khofifah Optimis Jatim Jadi Pusat Industri Halal

Lebih dari 250 Ribu Sertifikat Terbit, Gubernur Khofifah Optimis Jatim Jadi Pusat Industri Halal Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa (dok. ist)

SURABAYA,BANGSAONLINE.com - terus mengupayakan percepatan industri .

Langkahnya dengan memfasilitasi bagi industri skala kecil dan menengah (IKM), pengembangan infrastruktur , dan pelatihan untuk peningkatan .

Berdasarkan catatan data Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) per 3 Januari 2024, telah diterbitkan 252.490 sertifikat untuk pelaku usaha di Jatim yang 98,52 persen adalah Industri Kecil dan Menengah (IKM).

Jumlah ini meningkat sebesar 38,14 persen atau sebanyak 96.302 sertifikat sejak 21 Oktober 2023 yang mencapai 156.188 sertifikat .

"Alhamdulillah berbagai upaya terus kita lakukan untuk mempercepat pengembangan industri di Jatim. Dengan berbagai langkah tersebut, insyaAllah kami optimis Jatim mampu menjadi pusat industri di Indonesia," kata , Minggu (7/1/2024).

Menurunya, ini penting bagi pelaku usaha untuk masuk ke dalam industri karena potensi pasar global yang terus berkembang.

Terutama meningkatnya permintaan produk di sektor makanan, fesyen, farmasi, kosmetik, pariwisata, media, rekreasi, serta keuangan syariah.

Untuk itu, juga terus mengupayakan percepatanan pelaksanaan bagi pelaku usaha.

Baik oleh Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) maupun Majelis Ulama Indonesia (MUI) serta lembaga lainnya.

"Percepatan Sertifikasi Industri Jatim melalui melalui Program SEHATI (Sertifikasi Halal Gratis) BPJPH harus terus dilakukan di berbagai forum strategis agar bisa tercapai maksimal, efektif serta secepat mungkin," katanya.

"Jika proses dioptimalkan, maka produk-produk dari Jatim akan bisa memberikan support lebih signifikan bagi pemenuhan kebutuhan unggas tidak hanya pada saat musim haji tapi juga Umrah saat Ramadan. Tentunya ini dilakukan dengan sinergitas di antara seluruh pelaku usaha dan industri," imbuh .

Menurutnya, adalah salah satu upaya untuk membawa Jatim menjadi pusat industri di Indonesia. 

Ia bahkan optimistis Bumi Majapahit bakal menjadi pusat Halal Value Chain (HVC) pada masa mendatang.

Selain , sambung , Pemerintah Provinsi Jatim juga melakukan berbagai inovasi. 

Lihat juga video 'Murah Meriah, Wisata Lembah Djati Tawarkan Kebun Bunga dan Spot Foto Instagramable':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO