Produksi Air Bersih Tertinggi Se-Indonesia, Khofifah: Alhamdulillah Kebutuhan Warga Jatim Terpenuhi

Produksi Air Bersih Tertinggi Se-Indonesia, Khofifah: Alhamdulillah Kebutuhan Warga Jatim Terpenuhi Infografis indeks air bersih di Jawa Timur menjadi yang tertinggi di Indonesia.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Jawa Timur (Jatim) menjadi provinsi dengan produksi air bersih paling melimpah di Indonesia.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), volume produksi perusahaan air bersih di Jatim mencapai 810,82 juta m³ selama Tahun 2022.

Produksi air bersih Jatim ini, menduduki peringkat pertama se-Indonesia diikuti DKI Jakarta 635,092 juta m³, Jawa Tengah 627,619 juta m³, dan Jawa Barat 513,24 juta m³.

Gubernur Jawa Timur, mengapresiasi atas kinerja baik yang dilakukan oleh perusahaan air bersih dalam memenuhi kebutuhan masyarakat. Baik melalui pengadaan, penjernihan, penyediaan dan penyaluran air bersih baik secara langsung melalui pipa penyalur atau mobil tangki.

“Alhamdulillah, air bersih di Jatim tertinggi di Indonesia. Terima kasih atas kerja keras dan kinerja yang telah diberikan untuk memastikan kebutuhan air bersih seluruh masyarakat Jatim terpenuhi dan tercukupi dengan baik,” ucapnya di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Kamis (28/12).

Khofifah mengatakan, meningkatnya kebutuhan air bersih juga beriringan dengan meningkatnya literasi kesehatan pada kehidupan masyarakat. Sebab, saat pemenuhan layanan dasar kesehatan meningkat maka permintaan air bersih juga ikut meningkat pula.

“Oleh karena itu, penting bagi Perusahaan Air Minum (PAM), Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), Badan Pengelola Air Minum (BPAM) maupun perusahaan swasta lainnya untuk meningkatkan produksi air bersih,” jelasnya.

Selain itu, Khofifah berharap adanya peningkatan layanan bagi pelanggan air bersih secara berkelanjutan. Khususnya, dalam memberikan respon cepat jika terdapat gangguan distribusi air bersih kepada pelanggan.

Lihat juga video 'Emak-emak di Surabaya Kecewa Tak Bisa Foto Bareng Jokowi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO