Peringati Hari Ibu, Khofifah Tegaskan Kekerasan Terhadap Perempuan adalah Bentuk Pelanggaran HAM

Peringati Hari Ibu, Khofifah Tegaskan Kekerasan Terhadap Perempuan adalah Bentuk Pelanggaran HAM Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa saat memeluk salah satu ibu dalam kegiatan kunjungan kerjanya. Foto: Ist.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jawa Timur, meminta agar para ibu hidupnya bahagia sejahtera serta dijauhkan dari segala bentuk kekerasan.

Menurut Khofifah, kekerasan terhadap perempuan, adalah bentuk pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM), sehingga sudah selayaknya dihentikan.

"Upaya penghapusan kekerasan terhadap perempuan tidak dapat dilakukan sendiri oleh pemerintah, namun perlu melibatkan masyarakat luas untuk menumbuhkan kesadaran akan pentingnya kehidupan yang aman, adil, dan setara bagi semua, termasuk perempuan," ungkap Khofifah saat peringatan Hari Ibu di Gedung Negara Grahadi, Jum'at (22/12).

Ia mengatakan, sudah seharusnya budaya permisif yang menormalisasi kekerasan kepada perempuan diakhiri. Sebab, kekerasan terhadap perempuan, bukan hanya fisik melainkan terjadi dalam banyak bentuk. Diantaranya, kekerasan verbal, kekerasan seksual, kekerasan mental dan gender.

Khusus kekerasan berbasis gender, menurutnya , merupakan kekerasan yang sering terjadi karena ketidak setaraan perlakuan antara laki laki dan perempuan.

Baik perihal pekerjaan, tugas, tanggungjawab, serta kebebasannya. Oleh sebab itu, ia mengatakan, bahwa sudah selayaknya perempuan Indonesia mendapatkan kesempatan dan akses yang sama di seluruh bidang kehidupan, tanpa terkecuali.

"Apapun bentuknya, kekerasan tidak dapat dibenarkan untuk dialami siapapun. Perempuan juga memiliki hak yang sama untuk hidup dengan aman dan bahagia. Waktu dan zaman sudah membuktikan bahwa perempuan bisa dan mampu bekerja di seluruh bidang kehidupan. Tidak sedikit perempuan yang sukses menjadi pemimpin maupun pada pekerjaan-pekerjaan yang sebelumnya dipegang oleh kaum pria," tegas Khofifah.

Lihat juga video 'Emak-emak di Surabaya Kecewa Tak Bisa Foto Bareng Jokowi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO