Sukseskan Pemilu 2024, KPU Kota Kediri Gelar Sosialisasi untuk Penyandang Disabilitas

Sukseskan Pemilu 2024, KPU Kota Kediri Gelar Sosialisasi untuk Penyandang Disabilitas Ketua KPU Kota Kediri, Pusporini Endah Palupi, saat memberi keterangan kepada awak media. Foto: Ist

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - KPU Kota Kediri menggelar sosialisasi bagi ratusan penyandang disabilitas di kantornya, Rabu (20/12/2023). Ketua KPU Kota Kediri, Pusporini Endah Palupi, mengatakan kegiatan ini merupakan upaya dalam meningkatkan partisipasi masyarakat, termasuk para penyandang disabilitas.

"Sosialisasi ini dilaksanakan dalam rangka mensukseskan pelaksanaan pemilu serentak 2024. Kami ingin melibatkan kawan-kawan disabilitas untuk ikut mensukseskan gelaran 5 tahunan ini," ujarnya.

Menurut Pusporini, pesta demokrasi harus berjalan secara substansial. Artinya, dari, oleh, dan untuk seluruh warga masyarakat termasuk kawan-kawan disabilitas.

"Selain itu, sosialisasi ini juga bertujuan untuk menjamin pemenuhan hak suara maupun aksesibel bagi penyandang disabilitas," tuturnya.

Ia menambahkan, sosialisasi ini penting untuk memberikan informasi kepada penyandang disabilitas agar menggunakan hak suaranya pada 14 Februari 2024.

Dalam kegiatan itu, KPU Kota Kediri juga melakukan simulasi atau mempraktikkan secara langsung, bagaimana tata cara penggunaan hak suara pada saat memasuki hari pencoblosan.

Satu per satu disabilitas diajak mencoba dan memulai tahapan demi tahapan pada saat pencoblosan, hingga memasukkan surat suara ke dalam kotak suara yang telah disediakan.

Jumlah pemilih disabilitas di Kota Kediri ada 2.001 orang. Perinciannya, 701 pemilih di Kecamatan Pesantren, 503 pemilih di Kecamatan Kota, dan 727 di Kecamatan Mojoroto. (uji/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO