Jawa Timur Raih Penghargaan Pemerintahan Provinsi Terinovatif di IGA Kemendagri 2023

Jawa Timur Raih Penghargaan Pemerintahan Provinsi Terinovatif di IGA Kemendagri 2023 Gubernur Jawa Timus, Khofifah Indar Parawansa (foto: ist)

SURABAYA,BANGSAONLINE.com - Pemprov Jatim memperoleh penghargaan Innovative Government Award (IGA) Tahun 2023 dari Kementerian Dalam Negeri.

Jawa Timur medapat penghargaan sebagai Provinsi terinovatif tahun 2023 pada acara Penganugerahan Innovative Government Award 2023 di Gedung Sasana Bakti Praja, , Jakarta, Selasa (12/12/2023).

Piala dan Piagam diserahkan oleh Menteri Dalam Negeri, kepada Gubernur Khofifah yang diwakili diwakili oleh Sekretaris Daerah Provinsi Adhy Karyono.

Oleh karena itu Gubernur Khofifah mengucap rasa syukur berkat kinerja terukur dari di lingkungan Pemrov Jatim yang terus mengembangkan berbagai layanan publik untuk masyarakat.

"Alhamdulillah, penghargaan ini juga menjadi bukti bahwa seluruh jajaran di Pemprov Jatim terus bekerja memberikan inovasi layanan terbaik kepada masyarakat sesuai dengan tagline Cepat, Efektif Efisien, Tanggap, Transparan, Akuntabel dan Responsif (CETTAR)," tegas Khofifah di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Rabu (13/12).

Lebih jauh lagi, Jawa Timue membawa 189 inovasi unggulan. Salah satu unggulannya yakini -Ajaib (Aplikasi Jatim Informasi Bus) inovasi Dinas Perhubungan dan BAnk IKan LOkal JAwa TIMur (Baik Lo) Jatim inovasi Dinas Kelautan dan Perikanan.

-Ajaib sendiri merupakan aplikasi yang memudahkan masyarakat mengakses layanan bus .

Gubernur Khofifah menjelaskan, juga merupakan momen penting untuk meningkatkan indeks digitalisasi, berseiring dengan perwujudan Nawa Bhakti Satya yakni Jatim Akses.

"Dengan adanya aplikasi ini, kita telah menunjukkan bahwa Jatim melangkah maju dengan memberikan pelayanan transportasi bagi masyarakat yang dapat diakses hanya dengan satu genggaman," jelasnya.

Sampai saat ini, terdapat III koridor dimana pada Koridor I, Bus melayani rute Sidoarjo – Surabaya - Gresik, kemudian Koridor II, melayani serta koridor III dengan rute Mojokerto – Gresik.

Sedangkan inovasi BAnk IKan LOkal JAwa TIMur (Baik Lo) lahir dari kepedulian Dinas Kelautan dan Perikanan Jatim melalui UPT Laboratorium Kesehatan Ikan dan Lingkungan (LKIL) dalam pelestarian ikan lokal.

Inovasi ini diyakini menjadi satu-satunya di Indonesia dalam pelestarian ikan lokal melalui inventarisasi, koleksi, domestikasi, stocking, dan restocking ikan lokal pada perairan umum daratan.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO