Pemkot Kediri dan BPS Sepakati Penambahan 2.623 Data Sektoral pada 2024

Pemkot Kediri dan BPS Sepakati Penambahan 2.623 Data Sektoral pada 2024 Kepala Diskominfo Kota Kediri, Apip Permana, saat menandatangani berita acara kesepakatan data prioritas tahun 2024. Foto: Ist

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pemkot bakal menambah data-data sektoral Satu Data Indonesia (SDI) yang ada di perangkat daerah pada 2024. Penambahan 2.623 data sektoral ini bertujuan untuk pengukuran target kinerja di setiap OPD.

Untuk menyepakati data sektoral forum SDI Kota tahun 2024, Kepala Bappeda Kota , Chevy Ning Suyudi, bersama Kepala Dinskominfo Kota , Apip Permana, serta Kepala Kota , Parjan, telah menandatangani berita acara kesepakatan data prioritas tahun 2024 dalam Forum SDI Kota , Senin (11/12/2023). 

Kepala Bappeda Kota , Chevy Ning Suyudi yang membuka sekaligus menjadi salah satu narasumber pada acara tersebut mengatakan bahwa setelah kesepakatan data prioritas pada hari ini akan ada penambahan data sektoral pada masing-masing OPD hingga level kelurahan.

Setelah sebelumnya pada 2022, kata Chevy, pihaknya telah melakukan penguatan sistem, penyusunan tata kelola, penyusunan katalog data dan penyediaan dashboard eksekutif data prioritas.

Selanjutnya di tahun ini juga telah dilakukan perluasan ekosistem dan integrasi data-data antara SDI Pusat, Sata (Satu Data) Jatim dan SIPD e-walidata, menambahkan implementasi kode referensi dan data induk, serta interoperabilitas data prioritas yaitu data strategis yang digunakan untuk pendukung Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS), Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD), Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), Rencana Pembangunan Daerah (RPD) dan juga Rencana Strategis (Renstra).

“Di tahun ini, beberapa kajian-kajian dan penelitian yang dilakukan juga sudah menggunakan data-data yang dihimpun melalui portal satu data,” kata Chevy.

Kemudian di tahun 2024 mendatang, lanjutnya, Pemkot akan melakukan pendayagunaan ekosistem, daftar data dan data prioritas untuk seluruh data agar dapat diakses melalui portal SDI Kota , pemanfaatan satu data untuk perencanaan, monitoring dan evaluasi pembangunan jangka menengah dan jangka panjang.

Lalu pemanfaatan data yang terkonsolidasi untuk peningkatan kualitas layanan pemerintah dalam SPBE Beberapa hal yang sudah dimanfaatkan dari satu data ini sampai dengan tahun 2023, sangat berfungsi untuk perencanaan Kota .

"Terlebih di tahun 2024 Pemkot akan memiliki tugas yang sangat berat menghadapi pilres dan pilkada secara serentak, yang membutuhkan dokumen-dokumen perencanaan yang juga harus diakhiri tahun ini. Data-data pada portal SDI Kota ini sangat mendukung perencanaan-perencanaan tersebut,” paparnya.

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO