Tingkatkan Kompetensi Anggota, PWI Sidoarjo Gelar OKK

Tingkatkan Kompetensi Anggota, PWI Sidoarjo Gelar OKK Ketua PWI Jatim, Lutfil Hakim, saat memberi sambutan dalam OKK di Sidoarjo. Foto: Ist

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com terus berupaya meningkatkan kompetensi anggotanya dalam bidang jurnalistik dan keorganisasian. Upaya yang ditempuh di antaranya menggelar Orientasi Kewartawanan dan Keorganisasian (OKK), Rabu (6/12/2023).

OKK angkatan ke-X ini dibuka dihadiri oleh Ketua Jatim, Lutfil Hakim, dan narasumber OKK dari Pengurus Jatim. Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) , Sulistianto, membuka resmi acara yang diikuti 30 anggota dan calon anggota itu.

Dalam sambutannya, Lutfil menjelaskan bahwa OKK sebagai salah satu syarat awal wartawan untuk bergabung sebagai anggota . Namun, orientasi juga tidak sebatas sebagai syarat dan diharapkan menjadi refleksi masing-masing individu sebagai insan pers.

"Kita tidak bisa serta merta melakukan penerimaan anggota baru, harus mengikuti berbagai tahapan yang ditentukan termasuk OKK. Diharapkan melalui orientasi ini dapat memperkuat pemahaman terkait aturan-aturan yang tertuang," ujarnya.

Ia menjelaskan, wartawan anggota harus paham betul segala bentuk peraturan yang tertuang baik undang-undang pers maupun AD/ART melalui pedoman peliputan dan pedoman perilaku anggota.

"Harus paham tentang kode etik dan berbagai peraturan kewartawanan yang tertuang dalam undang-undang pers serta peraturan di dalam sendiri," tandas Cak Item, panggilan akrab Lutfil Hakim.

Ketua , Mustain, menyatakan anggota wajib memiliki tanggung jawab dan integritas atas produk-produk jurnalistiknya untuk mewujudkan jurnalisme positif.

"Ambil momentum ini untuk penguatan soliditas sesama wartawan dan wadah belajar bersama tentang keorganisasian," tuturnya.

Ia juga mengapresiasi dukungan Pemkab dan sejumlah mitra strategis terhadap acara tersebut, di antaranya PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia TBk, Bank Delta Artha, Perumda Delta Tirta, PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart), PT Gudang Garam Tbk, Bandell Lighting, PT Ecco Indonesia dan Bank Jatim Cabang .

Lihat juga video 'Kecelakaan Karambol di Medaeng Sidoarjo, Truk Tabrak Tiga Mobil Hingga Terguling':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO