Ratusan Warga Ikut Tradisi Gropyok Ikan di Sumber Jembangan Kediri

Ratusan Warga Ikut Tradisi Gropyok Ikan di Sumber Jembangan Kediri Sekelompok anak-anak sedang asyik memunguti ikan hasil dari gropyok ikan di Sumber Jembangan. Foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Ratusan warga mengikuti tradisi gropyok (mencari secara bersama-sama) ikan di , Kecamatan Wates, Kabupaten , Minggu (26/11/2023). Dari orang dewasa sampai anak-anak, baik laki-laki maupun perempuan, tumpek blek ke kolam.

Agung, salah seorang panitia, mengatakan bahwa acara gropyok ikan dimulai pukul 08.00 WIB dan berakhir sampai pukul 11.00 WIB. Setiap orang bebas menangkap ikan dan boleh dibawa pulamg.

"Selain dibawa pulang, ada juga dari mereka yang menjual ikan hasil tangkapannya di lokasi. Setiap orang bisa membeli ikan yang dijual itu. Dan acara gropyok ikan di ini diagendakan setiap tahun sekali," kata Agung, Minggu (26/11/2023).

Sekadar informasi, luas kolam di kurang lebih 1,5 hektare, sedangkan area hutannya sekitar 35 hektare.

Adapun ikan yang digropyok, kebanyakan adalah jenis ikan invasif yang nonlokal seperti bawal, tawes, lele jumbo, termasuk kijing (jenis kerang air tawar).

Selain di , hal serupa juga dilakukan di sumber lain di Kabupaten . Seperti di , , Kecamatan Pagu. Sama halnya yang ada di , biasanya masyarakat sangat antusias untuk ikut gropyok ikan di .

Agenda gropyok ikan di sudah dilakukan pada bulan Juli 2023 lalu, yang juga diikuti oleh ratusan warga yang telah mempersiapkan alat tangkap dari rumah masing-masing.

Di kedua sumber tersebut, yakni Sumber Jembangan dan , kolam ikan akan diisi kembali dengan air dan ditaburi benih ikan lagi usai gropyokan. (uji/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO