WBP Lapas Kelas I Madiun Berhasil Panen 5.000 Ekor Ikan Lele

WBP Lapas Kelas I Madiun Berhasil Panen 5.000 Ekor Ikan Lele Warga pinaan pemasyarakatan Lapas I Madiun ketika memanen ikan lele. Foto: Dok. Humas Lapas I Madiun

KOTA MADIUN, BANGSAONLINE.com - Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas I Madiun berhasil memanen 5.000 ekor ikan lele, Kamis (23/11/2023).

Panen lele tersebut merupakan wujud keberhasilan program pembinaan kemandirian di lapas yang bertujuan memberikan keterampilan kepada warga binaan. Harapannya, WBP dapat mandiri setelah menjalani hukuman.

Lele yang telah dipelihara oleh para WBP dan berhasil dipanen tersebut nantinya akan dijual dan hasilnya akan dimasukkan ke PNPB.

Kepala Lapas I Madiun, Kadek Anton Budhiharta, mengaku bangga atas capaian dan keberhasilan program ini.

"Program pembinaan kemandirian ini tidak hanya memberikan keterampilan praktis kepada warga binaan, tetapi juga membantu mereka membangun rasa tanggung jawab dan disiplin. Panen lele ini adalah bukti nyata bahwa dengan kesungguhan dan bimbingan yang tepat, para warga binaan dapat mencapai prestasi positif," terang Kadek.

Sekadar diketahui, program pembinaan kemandirian masuk dalam bidang kegiatan kerja (giatja) Lapas I Madiun untuk menciptakan lingkungan yang lebih produktif.

Salah satu kegiatan dalam program ini adalah peternakan ikan lele dengan memanfaatkan lahan beranggang tembok dalam lapas.

WBP diajak aktif dalam proses pembesaran ikan lele, mulai dari merawat kolam, menabur benih, memantau pertumbuhan lele secara rutin, hingga panen.

Selama proses ini, para warga binaan juga mendapatkan pembinaan keterampilan dan pengetahuan mengenai manajemen usaha peternakan lele. Hasilnya, panen ikan lele yang dilakukan menunjukkan keberhasilan program pembinaan kemandirian. (dro/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO