Rektor Undip Baca Salawat dan Doa Tiap Tandatangani Ijazah Mahasiswa, Ini Manfaatnya

Rektor Undip Baca Salawat dan Doa Tiap Tandatangani Ijazah Mahasiswa, Ini Manfaatnya Prof Dr Yos Johan Utama, SH, Mhum, Rektor Universitas Diponegoro (Undip) Semarang saat menyampaikan pidato pada acara wisuda ke-172 di kampus Undip, Tambalang, Semarang, Selasa (14/11/2023). . Foto: M Mas'ud Adnan/BANGSAONLINE

SEMARANG, BANGSAONLINE.com – Rektor Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, , SH, Mhum, mengaku sangat percaya terhadap kekuatan . Bahkan guru besar yang ceramahnya sangat merakyat itu mengaku selalu mem dan setiap menandatangani ijazah para mahasiswanya.

“Tumpukan ijazah mahasiswa segini tingginya, saya dan satu persatu setiap menandatangani ijazah mahasiswa,” kata sembari memperagakan tumpukan ijazah yang cukup tinggi saat menyampaikan pidato pada acara wisuda mahasiswa ke-172 di kampus Undip Tembalang, Semarang, Selasa (14/11/2023).

Para orang tua yang hadir untuk mendampingi putra-putri mereka yang sedang diwisuda tampak terkesima kagum.

Ternyata itu maqbul dan penuh barokah. Menurut dia, secara nasional lulusan Undip menduduki peringkat pertama tercepat dalam mendapatkan pekerjaan. 

Penilaian itu berdasar survei Quacquarelli Symonds (QS) Asia Ranking. Menurut dia, Undip nomor satu.

Seperti diberitakan, lembaga pemeringkatan universitas dunia telah merilis deretan universitas terbaik di dunia untuk kategori “Graduate Employability Rankings 2022.” 

Kategori tersebut memilih perguruan tinggi yang berhasil mencetak lulusan berkompetensi dengan prospek kerja tinggi atau lulusan siap kerja terbaik.

Menurut survei itu, hanya ada delapan perguruan tinggi di Indonesia yang berhasil masuk dalam pemeringkatan ini. Nah, Universitas Diponegoro (peringkat 251-300 dunia) berada di peringkat pertama. 

Kemudian disusul oleh Universitas Indonesia (peringkat 251-300 dunia), Universitas Airlangga (peringkat 301-500 dunia), Institut Teknologi Bandung (peringkat 301-500 dunia), Universitas Gadjah Mada (peringkat 301-500 dunia), Institut Teknologi Sepuluh November (peringkat 301-500 dunia), Universitas Bina Nusantara (peringkat 500+ dunia), dan Universitas Brawijaya (peringkat 500+ dunia).

Dr Yos Johan Utama mengaku produk asli Undip karena sejak S1, S2 hingga S3 ia tempuh di Undip.

“Jadi saya ini rektor yang asli Undip,” candanya yang disambut tawa para mahasiswa dan para orang tua mereka.

Ia terus menekankan pentingnya . “Saya ber di depan kakbah. Ya Allah, sejahterakan Undip, sejahterakan Undip, sejahterakan Undip. Saya termasuk orang yang sangat percaya dengan ,” katanya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO