Dinsos Situbondo Salurkan BLT Rp3,3 Miliar kepada 3.697 Penerima

Dinsos Situbondo Salurkan BLT Rp3,3 Miliar kepada 3.697 Penerima Petugas pendata penerima bantuan BLT sedang melakukan verifikasi faktual di Kecamatan Jatibanteng.

SITUBONDO, BANGSAONLINE.com - Dinas Sosial (Dinsos) terus berupaya menyelesaikan pendataan penerima bantuan langsung tunai (BLT) yang didanai dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau () 2023. Pendataan masih berjalan pada verifikasi faktual (verfal) di tingkat desa, dan tahun ini harus dicairkan.

Kepala Dinsos , Timbul Surjanto mengatakan bahwa data penerima yang diajukan dari dinas pertanian dan dinas tenaga kerja (disnaker) melebihi kuota penerima. Karenanya data itu dikembalikan lagi ke desa untuk diverifikasi ulang.

"Data yang diajukan dinas pertanian dan disnaker melebihi dari jumlah kuota, jadi dinas sosial tidak ingin dicap sebagai penentu hak penerima, jadi saya kembalikan lagi kepada desa yang memiliki masyarakatnya, desa melalui kecamatan melakukan verval. Verval sudah berjalan, tapi belum selesai. Kami tunggu. Data itu nantinya sebagai bahan SK bupati," kata Timbul kepada BANGSAONLINE.com, Rabu (15/11/2023).

Timbul menyampaikan Dinas sosial mendapat alokasi dana dari sebesar Rp3.327.300.000,00. Dana sebesar ini akan disalurkan kepada 3.697 penerima.

"Total penerimanya sebesar 3697 orang, meliputi buruh tani tembakau 3536 orang, buruh pabrik rokok 151, dan buruh pabrik rokok yang di PHK 10 orang," ujarnya.

Ia menjelaskan masing-masing penerima akan mendapatkan bantuan sebesar Rp900 ribu. "Mekanismenya, akan disalurkan sebanyak Rp300 ribu per orang per bulan selama tiga bulan," jelasnya.

Timbul menambahkan bahwa sebaran penerima bantuan ini meliputi 17 kecamatan.

"Penerimanya menyangkut seluruh kecamatan, 17 Kecamatan, di kecamatan yang tidak ada buruh tani, tapi ada buruh pekerja pabrik." imbuhnya.

Timbul berharap BLT ini tepat sasaran, tepat guna dan bermanfaat.

Lihat juga video 'Mobil Pikap Pengangkut Cabe Terguling di Jalur Pantura Situbondo':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO