Cegah Banjir dan Tingkatkan Pengairan, Pemkab Mojokerto Rampungkan Rehabilitasi Jaringan Irigasi

Cegah Banjir dan Tingkatkan Pengairan, Pemkab Mojokerto Rampungkan Rehabilitasi Jaringan Irigasi Nampak, kegiatan rehabilitasi di Wonokusumo Kecamatan Kutorejo.

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Pemkab melalui Dinas PUPR segera selesaikan proyek di sejumlah titik di Kabupaten . Kegiatan ini dalam rangka meningkatkan kemampuan jaringan irigasi, untuk pengendalian atau menanggulangi banjir dan memperkuat serta memperlancar sistem irigasi dalam mengembalikan fungsi layanan terhadap areal persawahan.

"Proyek , telah ditargetkan selesai tepat waktu. Saat ini, kegiatan proyek di Kabupaten telah mencapai deviasi surplus lebih cepat dari rencana. Dalam waktu dekat, diharapkan 100 persen penyelesaiannya. Rehabilitasi jaringan Irigasi dilakukan untuk memperlancar serta meningkatkan suplai air irigasi lahan pertanian. Kami berharap, rampungnya proyek ini, dapat dimanfaatkan para petani penggarap sawah dan untuk kebutuhan masyarakat lainnya," jelas Teguh Gunarko Sekda Kabupaten .

Sementara itu, Kabid Sumber Daya Air Dinas PUPR Kabupaten Rois Arif Budiman mengatakan, Ada 10 paket proyek yang memasuki proses tahap akhir. Dari sepuluh paket rehabilitasi peningkatan irigasi, di antaranya sungai Wonokusumo Kutorejo dan sungai Sadar di Desa Sadar Tengah, Kecamatan Mojoanyar. Untuk, peningkatan rehabilitasi mempunyai multifungsi irigasi, seperti pengendalian banjir.

"Perkiraan pada Minggu ketiga November ini, Insyaallah sudah selesai semua 100 persen. Kegiatan ini dapat mempertahankan pelayanan jaringan pelayanan irigasi, serta memperkuat kemampuan melayani irigasi terpenuhi. Contohnya, pengendalian banjir dan memberi manfaat bagi masyarakat pengguna jaringan irigasi sungai.

Kita harus mempertahankan jaringan irigasi sungai, supaya kebutuhan akan air irigasi di masyarakat, bisa lancar dan terkendali. Sehingga, kegiatan-kegiatan ekonomi tetap berjalan dengan lancar," Rois Senin (13/11/2023). (ris)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Pandemi, Ketua TP PKK Kabupaten Mojokerto Ajak Anggotanya Peduli Sesama':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO