Resmikan Laboratorium Narkotika, Kepala BNN: Madura Jadi Atensi Pencegahan Peredaran Narkoba

Resmikan Laboratorium Narkotika, Kepala BNN: Madura Jadi Atensi Pencegahan Peredaran Narkoba Kepala BNN RI Petrus Reinhard Golose saat menandatangani prasasti peresmian laboratorium narkotika di Pulau Madura.

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Badan Narkotika Nasional () meresmikan laboratorium baru di Kecamatan Labang, Kabupaten Bangkalan, di Jalan Akses .

Kepala RI Petrus Reinhard Golose mengatakan peredaran narkotika di Madura cukup signifikan, terkhusus jenis metamfetamin yang cukup marak.

"Untuk Pulau Madura peredaran narkotika sebelumnya yang terdeteksi itu dari negara Pakistan, dan yang terbanyak itu oleh , termasuk dari negara malaysia," ucapnya, Kamis (2/11/2023).

Selain untuk mencegah peredaran narkotika di Pulau Madura, ia berharap keberadaan lab narkotika yang baru dapat meningkatkan pelayanan scientific crime investigation.

"Dengan demikian, bantuan tenaga yang terlatih dapat melakukan deteksi temuan zat baru new psychoactive substance (NPS). Sehingga kita bisa melakukan deteksi yang beredar di dunia, sehingga dapat melakukan antisipasi walaupun belum diatur dalam undang-undang," ungkapnya.

Adapun bentuk antisipasi yang dilakukan oleh , kata Golose, yakni lebih mengedepankan metode soft power (kekuatan lunak) daripada high power (kekuatan tinggi). Sebab, hal tersebut lebih efektif untuk diterapkan.

"Intinya dalam pencegahan narkotika, khususnya di Pulau Madura, kita cenderung melakukan pencegahan terlebih dahulu dengan cara memutus jaringan dari luar yang hendak ingin masuk ke Madura," pungkasnya. (mil/uzi/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Diduga Patah As Roda Depan, Mobil Terbalik di Jembatan Suramadu':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO