Kemarau Panjang di Sampang, 62 Desa Belum Dapat Bantuan Air Bersih

Kemarau Panjang di Sampang, 62 Desa Belum Dapat Bantuan Air Bersih Salah satu warga dari Kecamatan Robatal, Sampang, saat menampung air keruh di pinggir sungai. Foto: Ist

SAMPANG, BANGSAONLINE.com - Sebayak 62 desa di Sampang mengalami krisis air bersih saat kemarau panjang tahun ini. Sebagian masyarakat terpaksa menggunakan air keruh untuk digunakan mencuci dan mandi.

Puluhan daerah itu tersebar di 6 kecamatan, oleh karena itu sebagain masyarakat bergantung suplai air bersih dari pemerintah daerah setempat. Akan tetapi, pemerintah belum menganggarkannya melalui APBD.

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Sampang, Moh Imam, membenarkan bahwa pihaknya belum mendistribusikan air bersih ke desa yang mengalami kekeringan air bersih dari APBD. Ia tidak menampik telah mengusulkannya dan saat ini dalam pembahasan banggar.

"Usulan BPBD itu melalui APBD perubahan dan semoga segera disahkan," ujarnya saat dikonfirmasi, Rabu (25/10/2023).

Menurut dia, sebelumnya BPBD Sampang telah mendistribusikan air bersih dari Pemprov Jatim kepada 62 desa terdampak kekeringan. Pihaknya berharap, bisa segera mendroping air bersih untuk masyarakat.

"Kalau bantuan yang dari Pemprov Jatim sudah dan tinggal menunggu dari pemkab saja," tuturnya.

Sementara itu, menurut salah satu anggota Banggar DPRD Sampang, Alan Kaisan, dokumen perubahan APBD 2023 dari Pemprov Jatim baru saja turu dan segera mungkin akan dibahas di tingkat Banggar.

"Banggar akan membahasnya dan jika tidak ada koreksi segera mungkin dalam minggu ini bantuan air bersih terealisasi," katanya. (tam/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Warga Kota Pasuruan Berebut Minyak Goreng Curah Saat Gubernur Jatim Pantau Operasi Pasar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO