Pemkab Kediri Hibahkan Tanah untuk Balai POM, Mas Dhito: Kita Dorong UMKM Berizin Edar

Pemkab Kediri Hibahkan Tanah untuk Balai POM, Mas Dhito: Kita Dorong UMKM Berizin Edar Bupati Kediri, Hanindhito Himawan Pramana, dan Kepala BPOM, Penny Kusumastuti Lukito, saat bertukar cendera mata. Foto: Ist

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Bupati , Hanindhito Himawan Pramana, menyiapkan hibah lahan untuk pembangunan Balai Pengawasan Obat dan Makanan (POM). Hibah ini menyusul meningkatnya status Loka menjadi Balai POM yang diresmikan Kepala BPOM, Penny Kusumastuti Lukito, di Pendopo Panjalu Jayati, Selasa (24/10/2023).

Pimpinan daerah yang akrab disapa itu mengatakan, pihaknya telah menyediakan sejumlah lahan alternatif untuk pembangunan tersebut. Nantinya, alternatif ini akan dipilih titik yang paling strategis dan sesuai dengan kebutuhan balai.

“Nantinya kabupaten akan berkomitmen menyediakan lahan untuk dibangunnya Balai POM,” ujarnya.

Ia menyatakan bahwa dengan adanya Balai POM di Kabupaten , diharapkan mampu menunjang izin edar dan pengawasan terhadap obat serta makanan bagi di wilayahnya. 

Berdasarkan catatan bupati, terdapat sekitar 9.800 yang terdaftar dan di luar itu jumlahnya diperkirakan mencapai 15.000. Dengan besarnya pelaku , Pemkab mendorong masyarakat untuk mendaftarkan izin edar kepada BPOM selain adanya perizinan lain seperti NIB dan PIRT.

“Kalau sudah dapat ijin edar dari BPOM, nilai jual dan valuenya akan bertambah,” kata bupati muda berusia 31 tahun tersebut.

Pihaknya mengakui masih banyak pelaku , seperti produsen jamu yang masih belum sadar akan pentingnya perijinan terutama ijin edar dari BPOM tersebut.

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO