Jalan Santai Hari Santri 2023 Meriah, Gubernur Khofifah: Tarikan Napas Masyarakat untuk Jaga NKRI

Jalan Santai Hari Santri 2023 Meriah, Gubernur Khofifah: Tarikan Napas Masyarakat untuk Jaga NKRI Gubernur Jatim Khofifah saat menyapa peserta Jalan Sehat Hari Santri Nasional 2023 yang mengambil start/finish di Gedung Negara Grahadi.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ratusan ribu santri dan masyarakat tumpah ruah memeriahkan jalan santai dalam rangka memperingati Hari Santri 2023 yang digelar Pemprov Jatim bersama PBNU dan . Kegiatan itu mengambil start dan finish di Halaman , Surabaya, Sabtu (21/10).

Kegiatan jalan santai ini dilepas langsung oleh Gubernur Jawa Timur Indar Parawansa bersama Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas, Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf, Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur Adhy Karyono, Sekjen PBNU Saifullah Yusuf, dan Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi.

Jalan Santai ini berlangsung sangat semarak. Sejak pagi pukul 05.00 WIB, sepanjang Jalan Gubernur Suryo telah dibanjiri peserta jalan santai yang berasal dari berbagai kalangan dan berbagai daerah.

Ada santri dari berbagai pondok pesantren di Jatim, para ulama, para ustadz dan ustadzah, serta para kiai yang datang dari berbagai daerah di Jatim.

Usai melepas peserta jalan santai, Gubernur bersama Sekdaprov Adhy pun turut berjalan bersama para peserta yang lain. Tak sekali dua kali, ia juga menyempatkan foto bersama masyarakat di sepanjang rute jalan santai sejauh 5 km.

Rute jalan santai mengambil start di dengan rute Jalan Panglima Sudirman menuju bambu runcing. Kemudian belok kanan ke patung kerapan sapi Jalan Basuki Rahmat, kemudian putar balik Tunjungan Plaza dan kembali ke titik finish .

Sepanjang rute pun dimeriahkan penampilan hiburan. Di pos 1 bambu runcing ada hiburan tari sufi. Kemudian di pos 2 depan Tunjungan Plaza 6 terdapat hadrah. Lalu di pos 3 Jalan Basuki Rahmat ada penampilan hiburan musik patrol.

Gubernur menyebutkan, peringatan hari santri menjadi momentum untuk mensyukuri jasa para santri yang dahulu telah berjihad untuk Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Hari ini mari kita peringati hari santri ini dengan syukur, mengingat pada 22 Oktober 1945 para ulama dan santri berkumpul di Surabaya menyerukan jihad fisabilillah untuk mempertahankan NKRI, Pancasila, UUD 1945, dan Bhinneka Tunggal Ika. Santri bersama masyarakat saling menguatkan mempertahankan NKRI," tegasnya.

Menurut , jihat saat memperjuangkan kemerdekaan dengan jihad zaman sekarang berbeda. Untuk saat ini, jihad bisa dilakukan lewat berbagai upaya. Termasuk salah satunya lewat momen jalan santai hari santri yang menjadi bagian untuk mempererat persaudaraan dan guyub rukun antar semua elemen masyarakat demi menjaga NKRI.

"Hari ini tarikan napas masyarakat, seluruh elemen, dan pondok pesantren di Jatim, merupakan tarikan kesatuan untuk bisa berjihad menjaga NKRI. Kalau di momen ini ada yang hadir di luar Jawa Timur maka sesungguhnya tarikan napas itu adalah tarikan menjaga NKRI," terangnya.

menambahkan, semangat resolusi jihad yang mendarah daging di kalangan santri. Pasalnya, menjelang pertempuran 10 November 1945 di Surabaya, KH Hasyim Asy'ari memberikan penguatan kepada masyarakat Jatim lewat para santrinya.

Ia mengisahkan, saat Surabaya diserang usai terbunuhnya Jenderal Mallaby, Bung Karno saat itu menyampaikan keputusan apakah Surabaya akan menyerah atau melawan kepada Gubernur Soerjo.

Kemudian, Gubernur Soerjo memutuskan untuk melawan dan ini dikuatkan oleh resolusi jihad K.H. Hasyim Asy'ari. Maka digerakkanlah para santri tidak hanya dari Jatim, tapi juga seluruh Jawa dan daerah lainnya.

"Semangat menjaga negeri ini bagi para santri sudah inheren, tapi juga harus dikuatkan dengan pendidikan kekinian, seperti digitalisasi sistem. Ini akan menjadi penguatan santri dalam menjaga bangsa dan negara," tegasnya.

Di akhir, Gubernur mengungkapkan terima kasih kepada PBNU dan atas dipilihnya Jawa Timur, tepatnya Kota Surabaya sebagai tempat penyelenggaraan puncak kegiatan hari santri 2023. Momen ini sekaligus juga menjadi bagian untuk menjalin persaudaraan supaya tetap guyub rukun.

Lihat juga video 'Warga Kota Pasuruan Berebut Minyak Goreng Curah Saat Gubernur Jatim Pantau Operasi Pasar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO