SMA Al Muslim Sidoarjo Sabet Sekolah Adiwiyata Nasional 2023

SMA Al Muslim Sidoarjo Sabet Sekolah Adiwiyata Nasional 2023 Penyerahan penghargaan Sekolah Adiwiyata Nasional 2023 kepada SMA Al Muslim Sidoarjo di Jakarta. Foto: Ist

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - SMA Al Muslim meraih penghargaan bergengsi dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, yakni penghargaan Sekolah Adiwiyata Nasional Tahun 2023. 

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, di Jakarta, Selasa (17/10/2023). Hadir dalam acara ini, perwakilan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Penghargaan itu diraih SMA Al Muslim karena berhasil melaksanakan Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (GBLHS), yaitu aksi warga sekolah dalam menerapkan Perilaku Ramah Lingkungan Hidup (PRLH).

Penghargaan ini diberikan kepada seluruh sekolah yang menerapkan GBLHS mulai dari sekolah dan madrasah se-Indonesia.

Sebelumnya, SMA Al Muslim telah mendapatkan penghargaan Sekolah Adiwiyata Provinsi pada tahun 2021. Program Sekolah Adiwiyata ini sangat mendukung visi dan misi sekolah yaitu menjadi sekolah yang rahmatan lil alamin.

Dalam sambutannya, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya mengucapkan selamat kepada 134 sekolah yang mendapatkan penghargaan Adiwiyata Mandiri dan 417 sekolah yang mendapatkan Adiwiyata Nasional.

Jumlah sekolah yang mendapatkan penghargaan Adiwiyata Mandiri dan Adiwiyata Nasional tahun ini meningkat dari tahun lalu, yaitu meningkat sekitar 36,7 % bagi Sekolah Adiwiyata Nasional dan 42,5 % bagi Sekolah Adiwiyata Mandiri.

"Kami minta sekolah mendukung pemerintah menanggulangi permasalahan krisis sampah plastik dengan melakukan kampanye dan menjadi pelaku aktif dari pengurangan sampah plastik," kata Siti Nurbaya.

Kepala SMA Al Muslim , Mahmudah, menyatakan pihaknya sangat bersyukur atas penghargaan tersebut. 

Lihat juga video 'Kecelakaan Karambol di Medaeng Sidoarjo, Truk Tabrak Tiga Mobil Hingga Terguling':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO