Di PSM Summit 2023, Gubernur Khofifah Dorong Lahirnya Sosok Inovator dari Kalangan Santri

Di PSM Summit 2023, Gubernur Khofifah Dorong Lahirnya Sosok Inovator dari Kalangan Santri Gubernur Khofifah ketika menghadiri Pesantren Sabilil Muttaqien Summit 2023 di Magetan.

MAGETAN, BANGSAONLINE.com - Gubernur menghadiri Pesantren Sabilil Muttaqien (PSM) Summit 2023 di Kampus Pesantren Sabilil Muttaqien, Takeran, , Selasa (10/10/2023).

Setibanya di lokasi, ia didampingi Pj Bupati , Hergunadi; Ketua Mufattisien PSM, Dahlan Iskan; dan Ketua Majelis Pimpinan Pusat PSM, Muhammad Taufik Yanuar, untuk meninjau stan pameran produk inovasi dan hasil karya siswa-siswa baik SMK, SMA, MA, maupun SLB di bawah binaan PSM.

Tidak hanya itu, dalam acara yang dihelat sebagai rangkaian HUT ke-80 PSM itu, turut melaunching konversi mobil dan motor listrik karya siswa SMK PSM 2 Takeran , seperti mobil listrik konversi Jaguar JAG-EV dan motor beat listrik.

Secara khusus, gubernur mengapresiasi berbagai inovasi yang dihasilkan oleh para siswa dan santri di bawah naungan lembaga pendidikan di PSM. Bahkan, ia juga mendorong agar apa yang dilakukan di PSM bisa dilakukan di tempat yang lain, supaya inovasi inovasi terus lahir dari kalangan santri dan pesantren.

"Perspektif para santri di PSM tadi adalah 'Innovation is Us'. Artinya panjenengan para guru punya siswa dan santri yang disiapkan sebagai sosok inovator. Maka gurunya harus lebih inovatif dan kepala sekolahnya harus menjadi role model," ujarnya.

"Melalui berbagai upaya tersebut insya Allah tujuan dari tema ulang tahun ke-80 PSM yakni melaju lebih cepat menuju PSM hebat, Insyaallah akan diijabah Allah SWT. Kami berharap dan mendorong agar inovasi terus lahir dari para santri dan juga pesantren," imbuhnya.

mengatakan, para guru dan kepala sekolah juga harus menjadi enabler leader atau pemimpin pemungkin, yang membuat sesuatu tidak mungkin menjadi mungkin.

We have to open mind. Kalau siswanya menjadi inovator berarti guru-gurunya harus lebih inovatif. Bila kita membuka ruang untuk terus belajar, membuka wawasan, maka anak-anak yang menjadi sosok inovator ini sekaligus akan menjadi bagian dari lahirnya seorang game changer," paparnya.

Menurut dia, keberadaan sekolah-sekolah PSM yang jumlahnya sekitar 120 sekolah ini menjadi bagian dari upaya besar untuk memberikan kontribusi lebih signifikan dari upaya mencerdaskan kehidupan bangsa, serta membangun peradaban dunia. Apalagi, sektor pendidikan menjadi salah satu faktor yang menentukan dalam peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

"Ketika meninjau pameran tadi saya langsung terfokus pada tulisan 'Innovation is Us'. Maka ini menunjukkan bahwa sosok inovator adalah karakter yang ingin dihadirkan oleh lembaga pendidikan di PSM," ucapnya.

Lebih lanjut, mengatakan, untuk bisa melakukan percepatan di berbagai bidang, maka dibutuhkan berbagai upaya termasuk mengejar kecepatan ekosistem digital. Berbagai upaya percepatan tersebut harus terus dilakukan agar angka IPM Jatim terus naik.

Di sisi lain, gubernur juga sangat mengapresiasi mobil dan motor listrik karya siswa SMK PSM 2 Takeran ini. Menurutnya, keberadaan mobil dan motor listrik ini menjadi salah satu upaya mewujudkan Net Zero Emission 2060.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO