Semarak Maulid Nabi Muhammad 1445 H di SMAN 2 Kota Batu

Semarak Maulid Nabi Muhammad 1445 H di SMAN 2 Kota Batu Kepala SMAN 2 Kota Batu Anto Dwi Cahyono saat membuka Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Peringatan SAW yang berlangsung di Masjid Ma'al Abror SMAN 2 Kota Batu, Jumat (6/10/23), berlangsung semarak. Acara itu menghadirkan penceramah H. Supriyadi, dari Kota Batu.

Selain sholawat bersama Grup Banjari SMAN 2 Batu, kegiatan ini juga diwarnai istighotsah dan sholat Jumat berjamaah.

Kepala SMAN 2 Kota Batu, Anto Dwi Cahyono, mengungkapkan kegiatan keagamaan ini merupakan salah satu bentuk pendidikan karakter bagi siswa, terutama dalam rangka memperingati hari lahirnya Nabi Muhammad SAW.

"Melalui kegiatan ini, salah satu pendidikan karakter yang diharapkan yakni bagaimana siswa bisa meneladani akhlak Nabi Muhammad. Karena sebaik-baik ilmu adalah akhlak," ujar Anto.

Sementara itu, H. Supriyadi dalam ceramahnya mengingatkan siswa untuk meneladani akhlak Rasullullah dan menghindari hal-hal yang bisa merusak akhlak di bidang apa pun, termasuk dari segi aqidah atau kepercayaan, moral, dan menjelek-jelekkan agama.

Dijelaskan, ada empat karakter orang jahiliyah atau zaman sebelum lahir Rasullullah yang harus ditinggalkan. Yakni hukum jahiliyah yang dibuat untuk mengayomi orang-orang yang berkuasa, sombong, mental jahiliyah yakni egoistis tidak mau bersatu atau gotong royong, dan kebudayaan jahiliyah seperti berkaitan dengan pakaian yang membuka aurat.

Menurut H. Supriyadi, akhlak Rasulullah yang perlu diteladani oleh siswa yakni siddik atau benar, jujur dalam tindakan dan tingkah laku, dapat dipercaya, dan amanah.

Guna memeriahkan peringatan tahun ini, panitia mengadakan lomba tartil dan cerdas cermat keagamaan. Tampil sebagai juara 1 tartil, yakni Furi Intan kelas X-6, juara 2 Silvia Xll-7, dan juara 3 Riska Xl-6. Sementara juara harapan 1 Dwi Indah X-4, dan juara harapan 2 Vani Citra X-2.

Sedangkan juara untuk lomba cerdas cermat yakni juara 1 XI-10, juara 2 XII-8, juara 3 kelas XII-3. Adapun juara harapan 1 kelas XI-6 dan harapan 2 kelas XI-5. (asa/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO