Jelang Tahun Politik, Khofifah: Tugas TNI Kian Berat, Jaga NKRI, Hoaks, Fitnah, dan Adu Domba

Jelang Tahun Politik, Khofifah: Tugas TNI Kian Berat, Jaga NKRI, Hoaks, Fitnah, dan Adu Domba Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Timur.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Memasuki tahun politik, tetap komitmen untuk menjaga netralitas saat pemilu 2024 nanti. Demi menjaga kualitas demokrasi di tanah air, Gubernur Jawa Timur Indar Parawansa mendukung sikap tegas sebagai patriot bangsa.

harus tegak lurus kepada Presiden dalam menjaga netralitas dalam proses pemilu, sehingga masyarakat merasakan adanya pengayom dan pelindung yang dapat diandalkan,” ungkap saat peringatan HUT ke-78  di Gedung Negara Grahadi, Kota Surabaya, Kamis (5/10/2023).

HUT ke-78 yang mengambil tema “Patriot NKRI dan Pengawal Demokrasi Untuk Indonesia Maju” menurut sangat relevan dengan situasi Indonesia dalam menyambut pesta demokrasi 2024 mendatang. Netralitas, kata , harus ditunjukkan di semua matra dan level kepemimpinan.

“Profesionalitas dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya harus senantiasa dikedepankan. Netralitas harus benar-benar ditunjukkan agar tidak terjadi permasalahan dalam pemilu yang dapat memengaruhi legitimasi hasil pemilu,” imbuhnya.

mengungkapkan polarisasi politik menjelang pemilu dalam konteks masyarakat modern yang berubah cepat. Panasnya situasi saat pemilu dan pasca pemilu merupakan fenomena yang tidak bisa dihindarkan. Di sinilah, kata , diperlukan kekuatan untuk dapat menjaga stabilitas politik, hukum, dan keamanan dari berbagai kerawanan.

“Dalam situasi ini, harus terus semakin mengeratkan sinergitas dan kerja sama dengan berbagai elemen dan kelompok yang ada di masyarakat. Jajaran pimpinan dan prajurit di daerah tidak saja perlu melakukan komunikasi sosial yang baik, namun juga perlu menjalin kerja sama programatik dengan masyarakat di daerah,” ujar .

perlu terus meneliti dan menjaga masyarakat dari hoaks, fitnah, dan adu domba yang pada akhirnya memunculkan kerawanan sosial politik. Dalam konteks sosiologis, sinergitas, dan kerja sama ini akan berimbas positif terhadap kepercayaan masyarakat terhadap ,” tambah dia.

Menurut , sinergitas antar unsur negara dan kekuatan sosial merupakan hal yang perlu terus dilakukan. Selama berabad-abad, kata dia, sistem kemasyarakatan di Indonesia yang melembaga secara tradisional menyimpan energi positif bagi kelangsungan berbangsa dan bermasyarakat.

“Selamat HUT , semoga dengan bertambahnya usia, tetap dapat diandalkan sebagai garda terdepan untuk mengawal bangsa dan demokrasi Indonesia menuju Indonesia maju,” pungkas Khpfifah. (dev/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Emak-emak di Surabaya Kecewa Tak Bisa Foto Bareng Jokowi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO