Belum Penuhi Persyaratan Perizinan, Pemkot Kediri Tutup Sementara Mie Gacoan PK Bangsa

Belum Penuhi Persyaratan Perizinan, Pemkot Kediri Tutup Sementara Mie Gacoan PK Bangsa Mie Gacoan di Jalan PK Bangsa, Kota Kediri, yang dilarang beroperasi sebelum melengkapi persyaratan perizinan yang ditentukan. Foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pemkot melalui dinas penanaman modal dan pelayanan terpadu satu pintu (DPMPTSP) secara resmi melarang untuk melakukan kegiatan usaha, sebelum memenuhi persyaratan perizinan yang ditentukan.

Larangan tersebut tertuang dalam surat pemberitahuan dari DPMPTSP Kota kepada Direktur PT Pesta Pora Abadi tertanggal 27 September 2023. Surat pemberitahuan yang ditandatangani Kepala DPMPTSP Kota , Edi Darmasto, berbunyi sebagai berikut:

"Berdasarkan hasil pertemuan dengan pihak PT Pesta Pora Abadi selaku pihak yang menaungi usaha restoran PK Bangsa Kota pada tanggal 25 September 2023, bahwa sampai saat ini, PT Pesta Pora Abadi masih belum memenuhi persyaratan dasar perizinan berusaha," demikian pesan yang dikutip BANGSAONLINE.com, Kamis (28/9/2023).

Sesuai PP Nomor 5 Tahun 2021 tentang penyelenggaraan perizinan berusaha risiko, pasal 4 menyatakan bahwa sebelum memenuhi persyaratan dasar perizinan berusaha dan perizinan berusaha berbasis risiko, pelaku usaha dilarang memulai dan melakukan kegiatan usaha.

Sebelumnya, beberapa orang yang tergabung dalam LSM Ratu menggelar demo di depan , Jalan PK Bangsa, Kota . Mereka tersebut menuntut agar dilarang beroperasi sebelum melengkapi perizinan yang diperlukan.

Korlap aksi, Saiful Iskaq, menyatakan  telah mengeluarkan suara bising sehingga sangat mengganggu proses belajar di SDN Banjaran 4.

" harus ditutup karena tidak memiliki izin. Pemkot harus bertindak tegas, karena selain belum memiliki izin, keberadaan sangat menganggu proses belajar mengajar di SDN Banjaran 4 yang berada tepat di sebelah timur," tuturnya. (uji/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO