Bangkitkan Industri Penerbangan, Komunitas Nahdliyin Bahas Industri Kedirgantaraan di Lombok NTB

Bangkitkan Industri Penerbangan, Komunitas Nahdliyin Bahas Industri Kedirgantaraan di Lombok NTB

MATARAM, BANGSAONLINE.com - Bertempat di Hotel Lombok Raya, Kota Mataram, NTB, bekerja sama dengan Universitas Nahdlatul Ulama NTB, , , dan menggelar seminar internasional selama dua hari, mulai hari ini hingga Minggu (24/9/2023) besok.

Seminar bertema "Industri Kedirgantaraan Indonesia" ini melibatkan para pemangku dan teknokrat bidang penerbangan.

Seminar kedirgantaraan ini diselenggarakan dengan tujuan mendorong kembali perkembangan teknologi kedirgantaraan Indonesia, agar tumbuh atau lebih maju dibanding sebelumnya.

Selain itu, diharapkan dari seminar ini akan dapat mengonsolidasi para expert di bidang Industri pesawat terbang, khususnya yang berdiaspora di seluruh dunia. Mereka ini terbukti masih menunjukkan kepeduliannya terhadap industri penerbangan nasional.

Ketua Pembina , KH. Abdul Munim DZ, seminar ini akan merumuskan usulan Blue Print Industri Nasional, khususnya di bidang industri kedirgantaraan (pesawat terbang) untuk mendorong pertumbuhan teknologi kedirgantaraan di masa mendatang. Harapannya, proyek besar ini membawa keberkahan level nasional maupun global bagi bangsa Indonesia.

Seminar internasional kedirgantaraan menghadirkan para pakar dan ahli teknologi penerbangan baik nasional maupun internasional. Yakni Cecep Jauhari (Senior Enginer ), Fadilah Hasim (Kepala Riset Penerbangan ), Gita Amperiawan (Direktur Utama PT Dirgantara Indonesia), Triyoga (Luftansa Technik, Jerman), Bram Djermany (Senior Enginer ), Ananta Widjaya (Ketua IAEC), dan lain-lain.

Semenjak diselenggarakan Aero Summit tahun 2018 hingga kini, forum kedirgantaraan belum pernah digelar kembali. Seminar ini salah satunya adalah untuk mengisi kekosongan tidak ada adanya Internasional Aero Summit yang biasanya diselenggarakan oleh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional ().

Kegiatan seminar kedirgantaraan yang digelar di Lombok saat ini menjadi ajang untuk mempertemukan para peracang, produsen, operator penerbangan, akademisi, dan komunitas hobi atau pencinta kedirgantaraan.

Selain itu, melalui seminar ini maka terjalin kerja sama strategis antara Uiversitas Nahdlatul Ulama (UNU) NTB dengan PT Dirgantara Indonesia, salah satu BUMN yang secara khusus memproduksi pesawat-pesawat terbang kebanggaan Indonesia, di antaranya CN295, CN235-220 MPA, NC212 Family, N219, dan lain-lain.

Rektor , , menyampaikan melalui seminar ini juga dilakukan MoU dengan untuk mendorong mengembangkan program studi yang terkait dengan bidang kedirgantaraan.

Baiq juga mengatakan bahwa kemajuan perkembangan teknologi di Indonesia yang semakin pesat membuat karya anak bangsa semakin diakui oleh dunia. Salah satu teknologi yang membuat Indonesia semakin dikenal oleh dunia adalah pesawat terbang.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO