15.000 Pincuk Sego Kikil Kuliner Khas Jombang Pecahkan Rekor Muri

15.000 Pincuk Sego Kikil Kuliner Khas Jombang Pecahkan Rekor Muri Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab saat terima piagam penghargaan dari Muri.

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jombang kembali memecahkan Museum Rekor Muri Dunia Indonesia (MURI). Kali ini, sego kikil (Gokil) atau nasi kikil sebanyak 15.000 pincuk/porsi di Alun-alun setempat, pada Sabtu 23/09/23.

Selain Gokil, Pemkab Jombang juga catat MURI untuk tumpeng ikan terbesar. Yakni 4.000 ekor ikan lele yang disusun pada gunungan berukuran 4.2 meter, dengan diameter 8.5 meter.

Diketahui, Gokil ini menjadi salah satu kuliner khas kota santri yang melegenda. Selain tercatat di MURI, Pemkab Jombang juga patenkan makanan dari bagian daging kaki sapi ini pada wilayah Mojosongo sebagai sentra atau pusat makanan ini.

Pantauan di lapangan, sebanyak 15.000 pincuk gokil ludes dalam sekejap yang disantap warga dari kalangan ibu-ibu muslimat hingga pelajar.

Perwakilan MURI, Sri Widayati mengungkapkan apresiasi kepada pihak Pemkab Jombang. Total 7 rekor MURI yang dicapai selama masa kepemimpinan Bupati Mundjidah Wahab dan Wakil Bupati Sumrambah.

"Setidaknya ada lima prestasi ditambah dua kali ini, jadi 7 rekor MURI untuk Jombang. Hari ini kita nikmatin sego kikil terbanyak dan disisi kanan tumpeng dari rangkaian 4.000 ekor ikan lele," ucapnya.

Setelah itu, dirinya mengumumkan dan mengesahkan pencapaian MURI pada dua kategori tersebut kepada Bupati Jombang Mundjidah. "Semoga menjadi berkah, dan semoga sego kikil semakin terkenal. Kebutuhan protein gizi terpenuhi," tukas Sri Widayati.

Sementara, Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab mengucapkan syukur atas capaian yang ditorehkan menjelang berakhirnya masa jabatannya pada 24 September 2023 ini.

"Harapannya, sego kikil khas Jombang ini semakin dikenal. Karena banyak pengunjung luar kota yang dicari ya sego kikil. Makanya kami juga sahkan Mojosongo sebagai sentra gokil," pungkasnya. (aan/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO