Pasca Dibongkar, Peziarah dari Luar Daerah Istighotsah di Makam Syakh Mohammad Gresik

Pasca Dibongkar, Peziarah dari Luar Daerah Istighotsah di Makam Syakh Mohammad Gresik Para peziarah yang datang dari berbagai daerah saat ikuti istighotsah yang dipimpin Kiai Mahfud di sekitar Makam Syakh Mohammad Nur Alamsyah pasca dibongkar. Foto: Ist.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Pasca pembongkaran kuburan yang diyakini sebagai di sekitar Perumahan Alam Bukit Raya (ABR) , Kecamatan Manyar, Kabupaten , peziarah berdatangan.

Mereka menjalankan rutinan istighotsah malam Jumat di sekitar . Hal itu seperti yang terlihat pada Kamis (21/9/2023) malam Jumat.

Para peziarah yang datang tak hanya dari Jawa Timur. Namun, banyak yang datang dari luar Jawa Timur seperti Jawa Tengah hingga Jawa Barat. Mereka melakukan istighotsah di atas puing-puing lahan makam yang sudah dibongkar.

Mereka menggelar tikar dan melakukan doa bersama dengan peralatan seadanya. Untuk penerangan, jemaah istighotsah manarik kabel dari rumah warga ABR yang berdekatan dengan makam.

"Seperti biasanya, istighotsah dipimpin Kiai Mahfud," ucap Suryadi salah satu jemaah kepada BANGSAONLINE.com, Jumat (22/9/2023).

Menurut Suryadi, sejak kecil Kiai Mahfud tak bisa melihat. Ia tinggal di sekitar .

"Kiai Mahfud ini meski tak bisa melihat tapi beliaunya bisa merasakan keberadaan Makam Mbah Syakh Mohammad Nur Alamsyah," pungkas Suryadi. (hud/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO