Duet Kader Muda NU-Muhamadiyah Berpeluang Pimpin Blitar

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Hasil survei lembaga Pusat Kajian Kebijakan Pemerintah (PK2P) menempatkan kader muda Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Blitar sebagai calon kuat dalam bursa Pilkada Kabupaten Blitar tahun ini.

Hasil survey tersebut menunjukan tokoh muda NU mampu menjungkalkan calon tua dalam bursa pemilihan Bupati Blitar.

Hasil mengejutkan ini disampaiakan oleh Direktur Pusat Kajian Kebijakan Pemerintah, Sulton. Ia menegaskan, potensi merebut AG 1 dimiliki oleh kalangan muda. Dari hasil analisis yang dilakukan sejak Februari hingga Juni 2015 menunjukan, tokoh muda berpeluang besar mengalahkan pasangan petahana. Survey tersebut mengkerucutkan pada pilihan kemampuan tokoh muda dan tokoh tua untuk melanjutkan suksesi kepemimpinan daerah.

Beberapa indikator dalam survey tersebut selain mengenai batasan umur juga prestasi yang dimiliki masing–masing calon. ‘’Kami sengaja melakukan survey dengan perbandingan kalangan muda dan tua terhadap potensi keterpilihan dan kemampuan memimpin kabupaten Blitar,’’ ujarnya dalam release yang disampaikan pada sejumlah media masa.

Sulton menjelaskan perbandingan yang dilakukan antara tokoh muda dan tua berdasarkan kategori usia 40 sampai 50 masuk kelompok muda dan kategori usia diatas 50 tahun masuk kategori kelompok tua. Selain syarat usia indikatornya juga berupa prestasi, kemampuan organisasi dan pernah menjabat jabatan publik maupun politik.

Kelompok muda memunculkan nama anggota DPRD Propinsi Jawa Timur, Ahmad Thamim (Gus Tamim), anggota DPRD Kabupaten Blitar Hery Rhomadon, serta ketua DPRD Kabupaten Blitar Marhaenis Urip Widodo. Sedangkan kelompok tua diwakili oleh Rijanto yang saat ini menjabat Wakil Bupati Blitar, Heru Sunarianta mantan anggota DPRD Blitar dan Arbain Hamdan mantan militer.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO