Peringati Hari Kunjung Perpustakaan 2023, Sitasi Gelar Nobar Film dan Diskusi Inklusi

Peringati Hari Kunjung Perpustakaan 2023, Sitasi Gelar Nobar Film dan Diskusi Inklusi Para peserta nonton bareng dan diskusi yang diinisiasi Komunitas Sitasi bersama para narasumber. Foto: Ist

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Untuk menyambut Hari Kunjung Perpustakaan yang jatuh pada 14 September 2023, komunitas Sitasi menggelar nonton film dan diskusi bersama di Sekolah Alam Ramadani, di Kelurahan Mojoroto, Kota , Rabu (13/9/2023) malam.

Ada dua judul film yang diputar yakni Menari dalam Sunyi karya Fatiikhin yang menjadi juara 2 di festiival film yang diadakan Universitas Budi Luhur, Jakarta, dan Pinisi Harapan sebagai film kedua yang menjadi juara 1 festival Cica Film Kabupaten .

Ketua Komunitas Sitasi, Pramudya Giriaji Sasongko, mengatakan bahwa pihaknya dan seluruh tim sengaja membawa 2 film tersebut untuk diputar lantaran saat ini isu inklusi di masih kurang mendapatkan perhatian dari pemangku kebijakan.

“Beberapa hasil riset kami hingga hari ini belum ada kesetaraan, bahkan sampai di ranah sekolah saja mereka kesusahan,” kata laki-laki yang akrab disapa Pram itu.

Ia menyebut dalam Nobar dan diskusi ini, ada 4 pemantik yakni Ketua PDKK (Perkumpulan Disabilitas Kabupaten ) Umi Salamah; Ketua AJI , Danu Sukendro; Sineas Kholisul Fatikhin, dan perwakilan Raganyala.

“Keempatnya adalah pemantik yang punya kredibilitas di bidang film, dan pandangan inklusi,” ucapnya.

Sementara itu, Umi mengaku sangat senang dengan kegiatan yang diadakan Sitasi.

“Kami dari PDKK sangat antusias karena ada yang mau mendiskusikan pembahasan terkait kesadaran inklusi, sebab saat ini itu yang kami butuhkan,” tuturnya.

Ia berharap, kegiatan serupa dapat dilakukan kembali agar banyak yang teredukasi tentang pembahasan inklusi ini.

"Inklusi sendiri berarti bahwa kawan-kawan disabilitas dapat mengakses pelayanan kesehatan, pendidikan, pekerjaan, mendapatkan perlindungan, sehingga kami dapat mandiri dan bisa berkontribusi untuk pembangunan bangsa dan negara," pungkasnya. (uji/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO