Tekan Polusi, Ratusan Mobdin dan Umum di Kota Mojokerto Ikuti Uji Emisi Gratis

Tekan Polusi, Ratusan Mobdin dan Umum di Kota Mojokerto Ikuti Uji Emisi Gratis Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari, saat meninjau langsung proses uji emisi di Lapangan Raden Wijaya. Foto: YUDI EKO PURNOMO/BANGSAONLINE

KOTA MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Ratusan kendaraan R4 mengikuti uji emisi gratis di Lapangan Raden Wijaya, Kota . Aturan baru yang diterapkan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota ini masih bersifat sosialisasi sebelum disertai pengenakan sanksi tilang bagi kendaraan dinas dan angkutan umum yang tak lolos uji emisi tahun depan.

Puluhan kendaraan dinas, angkutan kota, hingga angkutan barang tampak antre mengikuti uji emisi yang dibuka Wali Kota , Ika Puspitasari. Setiap pengemudi R4 yang melintas di Jalan Raya Surodinawan diarahkan masuk area uji.

"Ini sifatnya masih sosialisasi. Bagi mereka yang tidak lolos diberikan surat keterangan tidak lolos uji emisi dan pembinaan kepada pemilik agar membawa kendaraannya ke bengkel," kata Kasi Pengujian Kendaraan Bermotor Dishub Kota , Setiyo Budi Utomo, Kamis (14/9/2023).

Ia menyebut, penerapan uji emisi yang dilakukan kali ini merupakan yang pertama digelar. Dishub Kota mengupayakan 2 kali kegiatan serupa tahun depan. 

"Tahun depan diusahakan digelar 2 kali sehingga hasilnya lebih efektif. Dan tahun depan kami menggandeng kepolisian untuk upaya penindakan," ujarnya.

Kepala Dishub Kota , Endri Agus Subianto, menyatakan maksud dan tujuan kegiatan ini. Menurut dia, agenda tersebut adalah untuk melaksanakan pengujian emisi gas buang secara gratis terhadap kendaraan bermotor yang beroperasi di Kota .

"Tujuannya guna mengendalikan dan membatasi polusi udara yang diakibatkan oleh emisi gas buang kendaraan bermotor," tuturnya.

Lihat juga video 'Pandemi, Ketua TP PKK Kabupaten Mojokerto Ajak Anggotanya Peduli Sesama':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO