Gerak Cepat Pemkot Mojokerto Atasi Kebakaran di TPA Randegan

Gerak Cepat Pemkot Mojokerto Atasi Kebakaran di TPA Randegan Petugas saat memadamkan kobaran api di TPA Randegan, Kota Mojokerto.

KOTA MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Pemkot bergerak cepat mengatasi kebakaran sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Randegan, Kelurahan Kedundung, Kecamatan Magersari, yang terjadi pada Jumat (8/9/2023).

Meski api berhasil dipadamkan dengan 8 mobil pemadam kebakaran (Damkar) dikerahkan, si jago merah kembali muncul akibat cuaca yang ekstrem pada Sabtu (9/9/2023). Alhasil, Tim Tagana diterjunkan guna membantu mengatasi api agar tidak menjalar dan kembali membesar.

"Kebakaran terjadi pada hari Jumat dari sekitar pukul 18.30 sampai 22.30 WIB lalu dan berhasil kami padamkan dengan mengerahkan 8 mobil Damkar. Kemudian Sabtu pagi muncul lagi titik api, tetap kami waspadai agar tidak membesar, kemungkinan penyebabnya adalah karena cuaca ekstrem," kata Kepada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota , Amin Wachid, Minggu (10/9/2023).

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkesppkb) Kota , Farida Mariana, mengatakan, meski api berhasil kembali dijinakkan, namun asap sisa pembakaran sampah masih terus mengepul hingga menyebar ke sebagian besar pemukiman warga. 

Untuk mengantisipasi agar tidak tidak terjadi gangguan kesehatan, petugas gabungan dari BPBD Provinsi Jatim bersama Damkar, Satpol PP, Dinas Lingkungan Hidup (DLH), hingga Dinkes Kota kini membangun posko kesehatan.

"Tim tenaga kesehatan prameswari dan ambulance PKM kedundung sudah kami turunkan untuk pembagian masker, masing-masing KK diberikan 10 masker, sekalian pemeriksaan kesehatan, dan pembagian vitamin," tuturnya.

Lihat juga video 'Pandemi, Ketua TP PKK Kabupaten Mojokerto Ajak Anggotanya Peduli Sesama':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO