Isi Kuliah Umum di Udinus, Wali Kota Kediri Tekankan 3 Hal Penting Kunci Kesuksesan

Isi Kuliah Umum di Udinus, Wali Kota Kediri Tekankan 3 Hal Penting Kunci Kesuksesan Wali Kota Abdullah Abu Bakar mengisi kuliah umum Dinus Inside 2023 di Kampus Universitas Dian Nuswantoro Kediri. Foto: Ist.

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - mengisi kuliah umum Dinus Inside 2023 di Kampus Kediri, Kamis (7/9). Kuliah umum yang disampaikan membahas tentang menjadikan mahasiswa berintegritas, cerdas, dan berkarakter.

"Di luar negeri saya lihat banyak anak-anak muda yang sudah lulus dari universitas, mereka tetap memegang teguh karakternya. Walaupun mereka tidak beragama, tapi mereka juga punya integritas. Penting bagi kita, kita punya agama, Pancasila, dan kita harus juga punya karakter yang kuat, cerdas, dan berintegritas. Tiga hal penting itu merupakan kunci kesuksesan," ujar .

Menurutnya, tiga kunci kesuksesan bisa dimiliki oleh mahasiswa. Yaitu mahasiswa harus memiliki kesadaran diri, memiliki nilai dan prinsip yang kuat, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan, membangun karakter serta bertanggung jawab dalam ucapan maupun tindakan.

Untuk mengasah integritas, kecerdasan, dan karakter, mahasiswa bisa mengikuti berbagai kegiatan positif seperti organisasi intra kampus, unit kegiatan mahasiswa, ekstra kampus sesuai koridor serta bergabung dengan komunitas.

Di kesempatan ini, juga memberikan pesan kepada para mahasiswa baru agar lebih menanamkan karakter, gigih, dan harus memiliki integritas. Karena sekarang banyak orang yang kurang memiliki integritas dan berkarakter, sehingga mereka terombang-ambing. Sedangkan tantangan ke depan orang harus memiliki integritas, mau belajar, dan berbagai disiplin ilmu harus dimiliki.

Pada saat sesi tanya jawab, Rahman, mahasiswa baru prodi manajamen bertanya tentang tips dan trik bersaing dalam usaha di era digital, yang persaingannya semakin ketat.

mengungkapkan sekarang ilmu manajemen, apalagi pada bidang pemasaran, sudah banyak berubah. Contohnya kalau dulu menawarkan produk dengan memasang iklan di TV, koran, dan lainnya. Sekarang teknik pemasarannya dengan endorsment atau live di marketplace.

"Namun sebelum itu, produk yang akan dijual harus dianalisa terlebih dahulu untuk mengetahui pesaing, kelebihan dan kekurangan produk pesaing, harga, dan lainnya. Jangan lupa produk yang akan dijual harus memiliki perbedaan dengan produk lainnya," paparnya.

Turut hadir Wakil Rektor 4 Bidang Penelitian dan Kerja Sama Pulung Nurtantio Andono, Direktur PSDKU Abdul Syukur, Kepala Bappeda Kota Kediri Chevy Ning Suyudi, dan civitas akademika Kediri. (uji/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO