Geliat Wisata Alam Alaska Kediri

Geliat Wisata Alam Alaska Kediri Suasana Wisata Alam Alaska Kediri. Foto: MUJI HARJITA/BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Wisata Alam Alaska di Kawasan Lindung Sumber Pawon, Desa Tempurejo, Kecamatan Wates, Kabupaten , sangat viral dan terkenal sebagai salah satu tujuan wisata alam yang sangat murah pada 2019-2020.

Saat Sabtu dan Minggu, kawasan hutan yang berada di sisi timur Kabupaten itu selalu dipadati pengunjung. Mereka berasal dari pelbagai daerah di Jawa Timur, tak hanya dari Kabupaten .

Saking terkenalnya, pengunjung yang ingin masuk dan menikmati indahnya Alaska harus berjalan berdesakan dengan wisatawan lain. Pun begitu dengan pengunjung yang hendak membeli kuliner di sana.

"Dulu pengunjung yang datang di Alaska ini memang banyak. Saking banyaknya, mereka harus berjalan berdesakan dengan pengunjung lainnya. Dulu, untuk mencari tempat untuk duduk saja sulit," kata Wati (60), salah satu pedagang jajanan tradisional yang masih bertahan di Alaska, Minggu (3/9/2023).

Ia menyatakan bahwa pedagang makanan dan minuman di Alaska dulu ada sekitar 40 orang, belum penjual dari luar. 

"Pokoknya waktu itu sangat ramai, dan kami para pedagang sangat senang karena selalu laris," ujarnya.

Wati menjelaskan, petaka bagi pedagang mulai datang pada awal 2021 saat pengurus Alaska terlibat konflik dengan pihak lain. Para pedagang dipaksa meninggalkan lokasi dalam Alaska.

"Kalau tidak salah waktu itu ada konflik, katanya pengurus Alaska merusak pohon dan merusak alam. Kami dipaksa untuk keluar dari kawasan Alaska. Kami harus membongkar warung yang sudah dibangun. Padahal untuk membangun warung, waktu itu, beberapa dari kami banyak yang berhutang di Bank," paparnya.

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO