Jatim Raih Merdeka Awards 2023 Program Desa Wisata, Khofifah: Wujud Kerja Keras Majukan Desa

Jatim Raih Merdeka Awards 2023 Program Desa Wisata, Khofifah: Wujud Kerja Keras Majukan Desa

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Berkat kerja keras semua pihak di dalam memajukan desa, Pemerintah Provinsi Jawa Timur mendapatkan penghargaan Merdeka Awards 2023 kategori Program Desa Wisata yang diselenggarakan merdeka.com di Auditorium SCTV Tower Lantai 8 Jl. Asia Afrika, Jakarta Pusat, Rabu (30/8).

Gubernur menyampaikan apresiasi kepada Tim Merdeka Awards 2023, sekaligus terima kasih atas keterlibatan semua pihak yang mendukung inovasi dalam program pengembangan desa wisata. Mulai dari kepala desa, pendamping desa, pegiat desa wisata, hingga seluruh masyarakat desa di Jatim.

“InsyaAllah penghargaan ini akan terus mendorong semangat kami dalam melahirkan inovasi-inovasi baru agar potensi desa wisata di Jatim semakin meningkat,” ujar , Jumat (1/09/2023).

Adapun pada ajang ini, berhasil mendapatkan prestasi terbaik berdasarkan beberapa program desa wisata. Pertama, program kreatif pendukung desa wisata di antaranya, (), Zona KIP, dan Program One Village One CEO.

Kedua, program inovatif berbasis digital yaitu virtual tour lewat website eastjava.travel. Ketiga, keterlibatan aktif masyarakat lewat taruna budaya. Keempat, kontribusi ekonomi hingga pelestarian lingkungan melalui program desa wisata halal di Kawasan Pesisir Jawa Timur.

Kelima, program peningkatan kunjungan wisatawan melalui Majapahit Travel Fair (Bursa Pariwisata), Festival Desa Wisata Rakyat Cerdas Mandiri dan Sejahtera (Dewi Cemara), serta video kreatif.

“Dengan terus menciptakan terobosan baru pada desa wisata dan memicu munculnya desa wisata baru, ini akan memberikan dampak pada peningkatan UMKM serta bagi masyarakat sekitar,” kata .

menambahkan, perolehan penghargaan ini juga beriringan dengan meningkatnya jumlah desa mandiri yang ada di Jatim. Berdasarkan pemutakhiran indeks desa membangun (IDM) 2023, Jatim dinobatkan sebagai provinsi dengan desa mandiri terbanyak se-Indonesia.

Sebagai informasi, Merdeka Awards adalah sebuah ajang penghargaan dan apresiasi kepada mereka yang telah memberikan sumbangsih bagi kemajuan negeri dan kemanusiaan. Tahun ini merupakan ketiga kalinya merdeka.com menyelenggarakan acara penghargaan tersebut. (dev/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Emak-emak di Surabaya Kecewa Tak Bisa Foto Bareng Jokowi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO