Jajal MRT di Inggris, Gubernur Khofifah Sebut Jawa Timur Siap Bangun Koneksitas Aglomerasi Surabaya

Jajal MRT di Inggris, Gubernur Khofifah Sebut Jawa Timur Siap Bangun Koneksitas Aglomerasi Surabaya Gubernur Khofifah saat berada di MRT jalur Elizabeth Line yang baru dioperasionalkan di Inggris.

LONDON, BANGSAONLINE.com - Gubernur mencoba langsung MRT jalur Elizabeth Line yang baru dioperasionalkan di Inggris, Selasa (29/8/2023). Moda transportasi itu berada di bawah naungan Crossrail Ltd, perusahaan yang telah menyampaikan Letter of Intent (LoI) kepeminatan proyek investasi sektor transportasi kepada saat temu bisnis dan investasi di KBRI, .

"Crossrail termasuk salah satu perusahaan yang telah menyampaikan LoI kepeminatan proyek investasi di Jatim. Atas fasilitasi dari Kedubes Inggris di Jakarta dan KBRI di , kami mendapat kesempatan untuk menggali ilmu secara langsung dari Transport for (TFL)," ucap .

TfL merupakan tim yang bertanggung jawab terhadap hampir keseluruhan pengelolaan transportasi di , termasuk Elizabeth Line yang baru saja dioperasionalkan di bawah operator Crossrail Ltd, salah satu BUMD setempat.

"Kami mendapat kesempatan langsung untuk belajar tentang perencanaan stasiun kereta api yang ramah lingkungan dan teknologi tinggi hingga terkait 'Transit Oriented Development'. Setelah ini proses transfer of knowledge akan dilakukan secara virtual oleh tim TFL dengan tim dari Jawa Timur," kata mantan Menteri Sosial itu.

Elizabeth Line dibangun oleh Crossrail Ltd, membentang lebih dari 100km dari Reading dan Heathrow di bagian Barat Kota melalui jalur terowongan bawah tanah sepanjang Sheffield dan Abbey Wood. Kereta api bawah tanah ini berhenti di 41 stasiun, di mana 10 dari 41 stasiun tersebut adalah stasiun yang baru dibangun dan diperkirakan dapat melayani 200 juta penumpang setiap tahunnya.

“Elizabeth Line menjadi bagian yang sangat penting bagi TfL karena berbeda dengan jalur MRT lainnya yang sudah dibangun sebelumnya. Jalur Elizabeth Line ini dibangun di bawah Kota yang sudah padat dengan bangunan di atasnya,” urai .

Dengan menjajal Elizabeth Line, ia berharap tim dari juga bisa bisa belajar dan menjajal teknologi terbaru transportasi massal, khususnya MRT yang dikembangkan Crossrail Ltd untuk diterapkan di Jatim.

Lihat juga video 'Warga Kota Pasuruan Berebut Minyak Goreng Curah Saat Gubernur Jatim Pantau Operasi Pasar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO