Ada 85 Kasus Kebakaran di Gresik pada Agustus 2023

Ada 85 Kasus Kebakaran di Gresik pada Agustus 2023 Petugas Damkar Gresik saat menjinakkan si jago merah yang membakar alang-alang di sekitar permukiman warga. Foto: SYUHUD/BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan , Agustin Halomoan Sinaga, menyatakan bahwa musim kemarau sangat rentan terjadi musibah kebakaran. Untuk itu, ia meminta masyarakat waspada dan berhati-hati.

"Saya minta masyarakat selalu waspada dan hati-hati. Musim kemarau ini sangat rentan terjadi kebakaran," ujarnya kepada BANGSAONLINE.com, Senin (28/8/2023).

Naga mengungkapkan, sudah terjadi 85 kasus kebakaran pada bulan ini, baik bangunan seperti rumah, pabrik, dan warung serta lahan kosong seperti ilang (alang-alang).

"Bulan ini saja, Agustus hingga tanggal 28 sudah ada 85 kejadian kebakaran," tuturnya.

Ia lantas menyebut, pihaknya mendapatkan laporan kebakaran lahan kosong di Jalan Raya Morowudi RT.02 RW.05, Desa Morowudi, Kecamatan Cerme, pada hari ini sekira pukul 09.54 WIB.

Penyebab kebakaran diduga bermula adanya pembakaran sampah oleh seseorang yang ditinggalkan begitu saja tanpa adanya pengawasan. Hembusan angin kencang menyebabkan api cepat membesar, sehingga api dengan cepat merembet ke lahan kosong rumput alang-alang kering.

"Ada warga yang mengetahui kebakaran dan segera menghubungi Damkar kemudian petugas turun ke lokasi untuk melakukan pemadaman," kata Naga.

Ia mengimbau kepada masyarakat agar tak membakar sampah kemudian tak diawasi. Sebab, sangat rentan merembet ke benda-benda muda terbakar di sekitarnya, sehingga rentan mengakibatkan kebakaran.

"Kalau membakar sampah sebaiknya ditunggu sampai api padam. Kalau bisa bekas bakaran disiram dengan air," pungkasnya. (hud/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO