Mahasiswa KKN Unipa Surabaya Dampingi Desa Prambon Menuju Desa Ramah Anak

Mahasiswa KKN Unipa Surabaya Dampingi Desa Prambon Menuju Desa Ramah Anak Siswa PG-PAUD, TK, dan SD saat foto bersama mahasiswa KKN Unipa Surabaya. Foto: Ist

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Sejumlah mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas PGRI Adi Buana () Surabaya melakukan beberapa upaya agar Desa Prambon, , menjadi Desa Ramah Anak.

Di antaranya membuat mural pada dinding kosong sepanjang 40 meter di belakang rumah toko dekat lapangan desa setempat. Lokasi dinding ini cukup strategis karena menghadap ke arah jalan desa yang kerap dilalui warga.

Salah satu ketua kelompok mahasiswa KKN Surabaya, Choirul Anam menjelaskan, pengerjaan mural diawali dengan pengecetan dinding dasar dengan cat putih kemudian dilanjut pembuatan sketsa menggunakan cat sebelum akhirnya melukis mural dengan berbagai cat warna-warni.

“Selama pengerjaan tidak ada halangan apapun. Warga Desa Prambon sangat mendukung. Banyak anak-anak yang menemani kami saat membuat mural, walaupun sekedar menonton," ujarnya melalui keterangan tertulis yang diterima BANGSAONLINE.com, Rabu (23/8/2023).

Wakil Ketua Kelompok KKN Surabaya, Robi menambahkan, mural dipilih sebagai media penyampai pesan kepada masyarakat karena media gambar mampu ditangkap warga dari berbagai umur, terlebih bagi anak-anak yang notabene lebih tertarik dengan sesuatu yang indah.

Selain itu, media mural lebih mudah dipahami dan lebih menarik perhatian orang yang melihatnya. Lukisan yang dikerjakan selama hampir satu minggu oleh mahasiswa KKN ini, mengusung tema CIPUNG (Mural With Child Friendly Kampung).

"Mural yang kami buat terdapat gambar anak-anak kecil yang sedang bermain yang melambangkan keceriaan terhadap anak-anak khususnya di Desa Prambon," kata Robi.

Ia menambahkan, mural ini dibuat bukan hanya membuat kampung padat penduduk jadi semarak, akan tetapi juga sengaja dibuat untuk dijadikan obyek swafoto. 

"Di setiap goresan, serta warna yang ada di tembok memiliki banyak makna," ucapnya.

Lihat juga video 'Kecelakaan Karambol di Medaeng Sidoarjo, Truk Tabrak Tiga Mobil Hingga Terguling':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO