Gubernur Khofifah Serahkan Bansos dan Zakat Produktif di Kabupaten Mojokerto

Gubernur Khofifah Serahkan Bansos dan Zakat Produktif di Kabupaten Mojokerto Gubernur Khofifah saat menyerahkan bantuan di Kabupaten Mojokerto.

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Gubernur menyerahkan bantuan sosial (Bansos) untuk masyarakat rentan dan zakat produktif bagi pelaku Usaha Ultra Mikro di Kantor Kecamatan Puri, Kabupaten , Minggu (20/8/2023).

Adapun bantuan yang diserahkan ialah Bansos PKH Plus untuk 30 penerima, masing-masing senilai Rp500 ribu diterimakan 4 kali dalam setahun, sehingga total menerima Rp2 juta. Bantuan Asistensi Sosial Penyandang Disabilitas (ASPD) untuk 7 orang penerima dengan total yang diterima Rp900 ribu per tahap.

Lalu, alat bantuan disabilitas berupa kursi roda standar untuk 2 penerima, Bansos Kelompok Usaha Bersama untuk 20 penerima (masing-masing Rp3 juta), Bansos Wanita Rawan Sosial Ekonomi (WRSE) kepada 20 orang senilai Rp3 juta per orang, Tali Asih senilai Rp500 ribu untuk 18 orang TKSK dan 20 Tagana, serta Zakat Produktif senilai Rp500 ribu untuk 50 pelaku Usaha Ultra Mikro.

“Beberapa bansos yang diserahkan hari ini adalah sebagai bantalan sosial bagi masyarakat. Harapannya, penerima manfaat yang berada di garis rentan segera naik kelas karena meningkat kesejahteraannya," kata .

Terkait zakat produktif, ia mengatakan bahwa pemberian bantuan ini merupakan kolaborasi dengan berbagai pihak. Untuk zakat produktif kali ini dari CSR private sector.

“Kita perkuat kolaborasi untuk membantu pelaku usaha ultra mikro agar terhindar dari jeratan rentenir,” ucapnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Jatim, Restu Novi Widiani, menyebut Kabupaten menerima seluruh bantuan sosial yang telah dicantumkan dalam APBD Pemprov Jatim. Namun, ada satu bantuan yang belum tersalurkan karena masih dalam proses pembukaan rekening kolektif.

Lihat juga video 'Warga Kota Pasuruan Berebut Minyak Goreng Curah Saat Gubernur Jatim Pantau Operasi Pasar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO