17 Agustus Jalur Pendakian Gunung Gede Pangrango akan Ditutup, Simak Alasannya

17 Agustus Jalur Pendakian Gunung Gede Pangrango akan Ditutup, Simak Alasannya 17 Agustus Jalur Pendakian Gunung Gede Pangrango akan Ditutup, Simak Alasannya. Foto: Ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Gunung Gede Pangrango yang terletak di Jawa Barat akan ditutup sementara pada tanggal 13-18 Agustus 2023. Jalur pendakian gunung ini rutin ditutup setiap momen hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Humas Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) menyebutkn bahwa bulan Agustus itu puncaknya kemarau. Jadi, jalur pendakian ditutup sebagai bentuk antisipasi bahaya kebakaran hutan.

Selain itu Sapto Aji Prabowo selaku Kepala BBTN Gunung Gede Pangrango melalui surat edaran menyampaikan bahwa penutupan jalur pendakian Gunung Gede Pangrango diakibatkan oleh cuaca dingin di gunung.

"Kegiatan pendakian di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango ditutup sementara untuk umum mulai tanggal 13 sampai 18 Agustus 2023 karena cuaca buruk (dingin)" jelas Sapto.

Sumber foto: Ist

Selama beberapa hari terakhir, es menyelimuti puncak Gunung Gede Pangrango akibat penurunan suhu udara drastis saat musim kemarau. Hal itu membekukan embun dan air.

TNGGP melaporkan suhu udara di puncak Gunung Gede Pangrango mengalami penurunan hingga ke titik beku. Suhu udara yang turun secara drastis dapat berbahaya bagi pendaki karena akan rentan terkena hipotermia.

Maka dari itu, Sapto berpesan kepada seluruh pendaki yang ingin naik sebelum tanggal 13 Agustus 2023, agar mempersiapkan perlengkapan sesuai standar. Perlengkapan tersebut termasuk peralatan berkemah seperti jaket tebal dan perbekalan yang cukup. Pendaki juga harus memiliki kondisi fisik yang sehat.

(ans) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Mahasiswa Indonesia Bekerja Part Time Sebagai Petani di Jepang, Viral Karena Gajinya, ini Kisahnya':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO